Tautan-tautan Akses

Hollywood Sepakati Protokol untuk Memulai Produksi


Matahari pagi terbit di papan nama Hollywood di Los Angeles, California, AS, 6 Februari 2020. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Matahari pagi terbit di papan nama Hollywood di Los Angeles, California, AS, 6 Februari 2020. (Foto: REUTERS/Mike Blake)

Serikat Pekerja Hollywood mengumumkan, Senin (21/9), mereka telah mencapai kesepakatan tentang protokol pandemi dengan studio-studio besar. Kesepakatan itu akan memungkinkan dimulainya kembali produksi film dan televisi setelah stagnan dalam enam bulan terakhir akibat Covid-19 sehinga mengakibatkan pengangguran.

Associated Press melaporkan bahwa Directors Guild of America, International Alliance of Theatrical Stage Employees, International Brotherhood of Teamsters, Basic Crafts unions, dan Screen Actors Guild-American Federation of Television serta Radio Artists, mengumumkan telah meraih kesepakatan dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers. Kesepakatan terjadi setelah berbulan-bulan bernegosiasi.

Kesepakatan itu termasuk kewajiban menggunakan alat pelindung diri, dan pengujian pemain serta kru. Mereka juga akan melibatkan pengawas khusus yang akan memonitor penanganan virus corona itu.

Aturan tersebut membutuhkan penggunaan "sistem zona" yang secara ketat membatasi interaksi antara orang-orang berdasarkan persyaratan pekerjaan. Mereka yang harus berurusan dengan lebih banyak orang akan diuji lebih sering dan memiliki peralatan pelindung dan persyaratan jarak yang lebih ketat. Aktor akan sering diuji, terutama karena pekerjaan mereka di depan kamera yang tidak memungkinkan penggunaan alat pelindung.

Perjanjian tersebut juga memberi hak cuti dibayar selama 10 hari untuk karyawan yang terjangkit Covid-19. Hak cuti digunakan setelah terbukti positif atau bila harus karantina. Karyawan yang cuti karena Covid-19 akan dipekerjakan kembali setelah cuti selama pekerjaan mereka masih tersedia.

"Protokol membuka jalan bagi pekerja kreatif, yang telah terpukul oleh pandemi, untuk melanjutkan keahliannya dan mata pencaharian mereka," kata serikat pekerja dalam sebuah pernyataan bersama.

Hollywood telah mulai produksi film dan televisi berdasarkan perjanjian terpisah dengan skala yang lebih kecil. Namun, sebagian besar film dan acara televisi besar dan paling rumit, berulang kali menunda kembali bekerja karena menunggu pandemi mereda dan kesepakatan ini tercapai. [ah/au/ft]

XS
SM
MD
LG