Tautan-tautan Akses

Terimbas COVID-19, Pemutaran 3 Film Hollywood Ditunda


Disney menunda pemutaran film "Mulan" hingga 21 Agustus mendatang (foto: Wikipedia)

Harapan industri perfilman Amerika, Hollywood, untuk merilis film-film pada musim panas, pupus. Terimbas COVID-19, pemutaran tiga film yang menjadi andalan, ditunda.

Sementara kasus virus corona dilaporkan terus bertambah, Disney hari Jumat (26/6) mengumumkan akan mengikuti keputusan Warner Bros, menunda pemutaran film "Mulan" hingga akhir Agustus. Film itu semula direncanakan dirilis Maret, kemudian diundur menjadi 24 Juli, dan kini dijadwalkan dirilis 21 Agustus.

"Meskipun pandemi telah mengubah rencana kami untuk merilis 'Mulan', kami tetap percaya pada kekuatan film ini dan pesan di dalamnya akan harapan dan keteguhan. Dan, kami akan terus menyesuaikan dengan situasi," ujar pimpinan Disney, Alan Horn dan Alan Bergman dalam pernyataan bersama.

Kamis malam lalu, Warner Bros juga menunda pemutaran film "Tenet" dari 31 Juli menjadi 12 Agustus. Penikmat film sudah menantikan film yang dibintangi John David Washington dan Robert Pattinson tersebut. Warner Bros menekankan mereka menyesuaikan diri pada situasi.

“Kami memutuskan pemutaran perdana film ini pada pertengahan minggu supaya penonton bisa menyesuaikan waktunya untuk menonton film ini. Kami juga berencana memutarnya lebih lama, jauh lebih lama dari biasanya. Ini strategi perilisan film yang sangat berbeda tetapi diharapkan akan berhasil,” ujar juru bicara Warner Bros dalam pernyataan.

Jaringan bioskop di Amerika telah berencana beroperasi kembali secara luas, antara lain untuk memutar film-film baru yang akan dirilis itu. AMC Theatres, Regal Cinemas dan Cinemark, tiga jaringan bioskop terbesar di Amerika - telah menetapkan jadwal beroperasi kembali secara nasional pada awal hingga pertengahan Juli dengan tujuan pertama memutar film-film besar itu, dan segelintir film yang lebih kecil, sebagai pendorong liburan musim panas.

Melonjaknya kasus virus corona di Texas, Arizona, Florida dan di negara-negara bagian lain, menyebabkan rencana pemutaran film dan beroperasinya jaringan bioskop menjadi tidak pasti. Kasus-kasus COVID-19 yang meningkat di California memaksa Disney awal pekan lalu menunda pembukaan kembali Disneyland di Anaheim yang direncanakan bulan depan. Rabu lalu, Gubernur New York Andrew Cuomo juga mengatakan New York akan menunda beroperasinya kembali bioskop sambil mempelajari keamanan tempat-tempat ber-AC dan tertutup.

United Artists juga memundurkan jadwal pemutaran film “Bill & Ted Face the Music” dari 14 Agustus menjadi 28 Agustus.[ka/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG