Tautan-tautan Akses

Manafort Kembali ke Rumah Setelah Hadir di Pengadilan


Paul Manafort meninggalkan Pengadilan Distrik Federal di Washington, Senin, 30 Oktober 2017 (foto: AP Photo/Alex Brandon)

Mantan ketua kampanye Donald Trump, Paul Manafort dan mitra bisnis Manafort, Rick Gates, Senin mengaku tidak bersalah atas tuduhan bersekongkol dan tuduhan-tuduhan lain.

Manafort bebas dengan uang jaminan 10 juta dolar untuk menjamin kehadirannya nanti di pengadilan, sementara bagi Gates lima juta dolar. Keduanya dikenakan tahanan rumah.

Surat dakwaan yang diajukan di pengadilan federal di Washington menuduh Manafort dan Gates menerima bayaran melalui perusahaan dan rekening bank asing sebagai bagian dari pekerjaan politik mereka di Ukraina.

Keduanya menyerahkan diri kepada pemerintah federal Senin pagi. Dakwaan tersebut memuat 12 tuduhan termasuk bersekongkol, melakukan pencucian uang, bertindak sebagai agen asing yang tidak terdaftar, membuat pernyataan palsu dan beberapa tuduhan terkait dengan laporan keuangan dan rekening bank di luar negeri.

Surat dakwaan tersebut menuduh keduanya memindahkan uang melalui rekening bank rahasia di Siprus, St. Vincent dan Grenadines dan Seychelles.

Menurut dakwaan tersebut total lebih dari 75 juta dolar Amerika mengalir lewat rekening luar negeri. Manafort dituduh melakukan pencucian lebih dari 18 juta dollar Amerika. [my]

XS
SM
MD
LG