Tautan-tautan Akses

Gunung Merapi Erupsi 2 Menit, Tinggi Kolom Abu 6.000 Meter


Gunung Merapi meletus selama dua menit dengan tinggi kolom abu 6.000 meter dari permukaan kawah, Yogyakarta, 1 Juni 2018. (Foto: BNPB)
Gunung Merapi meletus selama dua menit dengan tinggi kolom abu 6.000 meter dari permukaan kawah, Yogyakarta, 1 Juni 2018. (Foto: BNPB)

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus pada Jumat (1/6), pukul 08:20 WIB, dengan tinggi kolom letusan 6.000 meter di atas puncak kawah, demikian pernyataan Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB).

Erupsi terjadi selama dua menit dan setelahnya tidak nampak ada letusan. Namun BPPTKG masih terus memantau intensitas dan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Mengingat ketinggian kolom letusan melebihi 6.000 m di atas permukaan laut, maka VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) telah dikeluarkan dengan kode warna RED untuk penerbangan.Kode warna VONA dapat berubah sesuai dengan kondisi terkini.

Penerbangan bandara internasional Adi Sucipto Yogyakarta hingga pagi ini masih normal.

Ketika letusan terjadi, banyak warga yang keluar rumah untuk melihat letusan, namun tidak ada kepanikan. Status Gunung Merapi masih tetap Waspada (level 2). Masyarakat masih dilarang untuk melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.Hingga saat ini, belum perlu ada pengungsian. [ft/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG