Tautan-tautan Akses

Pengadilan New York Pilih Juri untuk Adili Gembong Markoba Meksiko


Gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman
Gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman

Persidangan perkara gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman dimulai hari Senin (5/11) di New York dengan pemilihan juri.

Pihak berwenang meningkatkan keamanan untuk persidangan itu, termasuk menjaga kerahasiaan nama-nama 12 orang yang akan dipilih untuk bertugas sebagai juri dan enam cadangan.

Pembukaan sidang diharapkan dimulai 13 November.

Meksiko mengekstradisi Guzman ke Amerika pada 2017, dan sejak itu dia ditahan dalam kamar isolasi di rumah penjara federal New York.

Guzman mengaku tidak bersalah atas tuduhan menjalankan operasi perdagangan narkoba besar-besaran di Amerika Utara, termasuk pencucian uang, penculikan dan pembunuhan di kota-kota di seluruh Amerika, termasuk Chicago, Miami dan New York. Tuduhan itu bisa mengancamnya hukuman penjara seumur hidup.

Departemen Kehakiman AS mengatakan, sebagai pemimpin Kartel Sinaloa, Guzman mengawasi penyelundupan kokain, heroin, metamfetamin, dan marijuana ke pengedar di puluhan kota besar di AS.

Jaksa mengatakan, pemerintah AS bermaksud mendapatkan perintah mengenakan denda $ 14 miliar sebagai bagian dari kasus itu. (ps/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG