Tautan-tautan Akses

Gembong Narkoba Meksiko Dikenai Tuduhan di Pengadilan Amerika


Dalam rekaman gambar video memperlihatkan Damaso Lopez atau lebih dikenal dengan "El Licenciado," dikawal polisi setelah ditangkap di sebuah apartemen di Mexico City. (Foto:dok)

Seorang pemimpin kartel narkoba Sinaloa dan putranya telah didakwa melakukan penyelundupan obat-obatan terlarang di Amerika, menurut laporan kantor berita Associated Press.

Dakwaan atas Damaso Lopez Nunez diumumkan di pengadilan negara bagian Virginia, sementara putranya, Lopez Serrano menyerahkan diri kepada petugas perbatasan di California dua minggu yang lalu.

Damaso Lopez Nunez telah berjuang untuk menguasai kartel Sinaloa setelah tertangkapnya raja narkoba Joaquin Guzman atau El Chapo, yang juga sedang menghadapi tuduhan pelanggaran peraturan narkoba di Amerika.

Lopez Nunez sejak lama dianggap sebagai tangan kanan El Chapo dan membantunya melarikan diri dari penjara di Meksiko tahun 2001. Polisi Meksiko menangkap El Chapo di Mexico City bulan Mei lalu dan pemerintah Amerika minta supaya ia di ekstradisi ke Amerika.

Putra Lopez, Serrano, menyerah kepada pejabat imigrasi Amerika tanggal 27 Juli lalu dekat kota San Diego. Hari Senin ini ia mengaku tidak bersalah dimuka hakim dan diperintahkan supaya ditahan tanpa uang jaminan. Serrano diperkirakan adalah anggota kartel Meksiko paling tinggi yang menyerahkan diri kepada pejabat Amerika. (ii)

XS
SM
MD
LG