Tautan-tautan Akses

Hakim Tunda Persidangan Gembong Narkoba ‘El Chapo’ Hingga September


Sketsa Joaquin "El Chapo" Guzman, dalam persidangan di Gedung Pengadilan Federal Brooklyn di New York, 5 Mei 2017.

Pengadilan terhadap gembong narkoba terkenal Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman ditunda sampai September di pengadilan New York, menurut seorang hakim Amerika, Rabu (10/1).

Penjahat narkoba berusia 60 tahun, yang dituduh mengelola salah satu bisnis obat terlarang terbesar di dunia dan yang dua kali lolos dari penjara Meksiko itu, pada awalnya akan diadili April.

Namun pada Rabu, hakim federal AS, Brian Cogan, memerintahkan pengacara untuk mengosongkan agenda mereka untuk persidangan pada September. Kata Cogan, liburan musim panas menyebabkan kurangnya calon juri untuk sidang Agustus.

Pada Senin (8/1), Cogan telah menunda sidang pra-peradilan terakhir dari 19 Januari menjadi 15 Februari, setelah pengacara Guzman meminta tambahan waktu untuk mengkaji dokumen-dokumen kasus itu yang terdiri dari beberapa ratus ribu halaman.

Guzman telah ditahan di sel isolasi di New York sejak diekstradisi ke Amerika setahun yang lalu. Ia dituduh menjalankan jaringan narkoba Sinaloa, dan menghadapi 17 butir tuduhan. Jika terbukti bersalah, ia kemungkinan akan menghabiskan sisa hidupnya di penjara super ketat AS. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG