Tautan-tautan Akses

AS

Fraksi Republik di Senat Rilis Proposal Anggaran untuk Akhiri 'Shutdown'


Pemimpin Mayoritas Senat AS, Senator Mitch McConnell (foto: dok).

Partai Republik di Senat Amerika telah mengeluarkan proposal anggaran yang dimaksudkan untuk mengakhiri penutupan sebagian operasi pemerintah yang telah berlangsung selama 32 hari.

Proposal itu dibuat sesuai arahan dari apa yang oleh Presiden Donald Trump disebut sebagai “rencana kompromi,” yang menurut salah seorang Senator Demokrat tidak akan berhasil.

Sebagai imbalan atas permintaan Trump sebesar $5,7 miliar untuk pendanaan tembok perbatasan, presiden mengusulkan untuk memberikan perlindungan selama tiga tahun bagi para imigran muda yang berada di Amerika secara ilegal.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell berencana mengadakan pemungutan suara atas proposal Partai Republik itu minggu ini.

Fraksi Demokrat mengusulkan pengeluaran $1,3 miliar untuk berbagai biaya termasuk teknologi pengawasan di pintu-pintu gerbang perbatasan, dan menyebut proposal Trump itu mahal dan tidak efektif.

Sementara itu, sekitar 800.000 pekerja federal telah terimbas oleh penutupan operasi pemerintah atau “shutdown” dan lebih dari setengahnya diperintahkan untuk terus bekerja tanpa kepastian akan mendapat gaji dan sisanya dirumahkan. (lt)

XS
SM
MD
LG