Tautan-tautan Akses

AS

Fraksi Republik di Senat AS Loloskan Anggaran


Kubah Gedung DPR Amerika Serikat, Capitol Hill, Washington DC. (Foto: dok).

Dengan 51 suara mendukung berbanding 49 menolak, fraksi Republik di Senat Amerika, Kamis malam (19/10) menyetujui anggaran yang dapat membuka jalan bagi rencana Presiden Donald Trump melakukan pemangkasan dan reformasi besar-besaran pajak.

Gedung Putih dalam pernyataan setelah pemungutan suara mengemukakan keputusan itu membuka jalan untuk mengembangkan potensi ekonomi Amerika melalui reformasi pajak dan pemangkasan pajak, menyederhanakan kode pajak yang terlalu rumit, memberi kelonggaran finansial bagi keluarga di seluruh penjuru negara dan membuat bisnis Amerika memiliki daya saing global.

Fraksi Republik di Senat ditekan untuk menyetujui pemangkasan pajak sebelum pemilihan sela tahun depan, setelah gagal membatalkan undang-undang layanan kesehatan yang dikenal sebagai Obamacare.

Rand Paul dari Kentucky adalah satu-satunya dari fraksi Republik yang menentang anggaran itu. Ia mengatakan anggaran itu terlalu mahal dan melupakan tujuan partai untuk membatalkan Obamacare.

Anggaran ini dapat menambah hingga 1,5 triliun dolar ke dalam defisit federal dalam sepuluh tahun mendatang untuk menutup pemangkasan yang dilakukan di sektor pajak.

Fraksi Demokrat menampik anggaran itu yang disebutnya hanya menguntungkan orang, perusahaan dan bisnis yang kaya. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG