Tautan-tautan Akses

AS

Intensif, Perseteruan Trump dan Ketua Fraksi Republik di Senat


Mitch McConnell (kiri), ketua partai Republik di Senat AS (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump mengintensifkan perseteruan dengan Mitch McConnell, ketua partai Republik di Senat dan pemain penting dalam memajukan agenda presiden, karena fraksi Republik gagal mencabut undang-undang asuransi kesehatan nasional.

Dalam tiga kesempatan, kurang dari 24 jam, Trump menarget McConnell di Twitter, yang terbaru hari Kamis (10/8), sementara ia mendesak McConnell agar melanjutkan usaha mencabut dan mengganti Affordable Care Act yang dikenal sebagai Obamacare.

Kamis pagi, Trump, yang sedang berlibur sambil bekerja 17 hari di resor klub golf pribadinya di New Jersey, menyerang McConnell di Twitter karena tidak berupaya agar rancangan undang-undang asuransi kesehatan itu disetujui Senat.

Setelah amandemen tiga anggota fraksi Republik di Senat untuk mencabut undang-undang asuransi kesehatan nasional gagal akhir Juli, senator-senator Republik mengatakan akan beralih dari asuransi kesehatan dan berfokus pada isu-isu prioritas bersama seperti reformasi pajak dan anggaran federal.

Tetapi Trump belum mau berhenti membicarakan masalah itu dan terus menyerang McConnell, yang populer di kalangan anggota fraksi Republik di Senat dan pendukung setia agenda Trump. Faktor yang mungkin menyulitkan perseteruan itu adalah efek buruk yang bisa terjadi pada hubungan mereka, mengingat istri McConnell, Elaine Chao, menjabat menteri perhubungan dalam kabinet Trump. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG