Tautan-tautan Akses

Dengan perolehan suara 51 berbanding 49, Fraksi Republik di Senat Amerika menyetujui 4 triliun dolar anggaran negara yang akan memuluskan rencana Presiden Donald Trump untuk melakukan pemangkasan besar-besaran dan reformasi pajak.

Fraksi Republik ditekan untuk menyetujui langkah pemotongan pajak sebelum pemilihan sela tahun depan, setelah sebelumnya gagal membatalkan UU perlindungan kesehatan yang dikenal dengan nama Obamacare.

Gedung Putih menyambut baik langkah itu dan mengatakan lolosnya rancangan undang-undang anggaran akan mendorong potensi ekonomi Amerika melalui reformasi pajak dan pemotongan pajak.

Rand Paul dari Kentucky adalah satu-satunya politisi Fraksi Republik yang menentang anggaran itu. Dia mengatakan anggaran itu terlalu mahal dan melupakan tujuan Partai Republik untuk membatalkan Obamacare.

Usulan anggaran itu bisa menambah defisit federal hingga 1,5 triliun dolar dalam sepuluh tahun ke depan untuk menutup pemangkasan pajak.

Fraksi Demokrat menolak usulan anggaran itu dengan mengatakan hanya menguntungkan orang, perusahaan dan bisnis yang kaya. [al]

XS
SM
MD
LG