Tautan-tautan Akses

Foxconn akan Bangun Pabrik LCD di Wisconsin


CEO Foxconn, Terry Gou (kanan) mengumumkan rencana membangun pabrik bernilai 10 milyar dollar di negara bagian Wisconsin, AS (foto: dok).

Foxconn, perusahaan elektronik Taiwan dan pemasok besar bagi perusahaan komputer Apple telah mengumumkan rencana membangun pabrik bernilai 10 milyar dollar di negara bagian Wisconsin. Pabrik itu akan membuat layar-layar komputer LCD.

Perusahaan yang resminya dikenal dengan nama Hon Hai Precision Industry itu, memasok layar-layar telpon iPhone hari Rabu (26/7) mengumumkan hal ini ketika para pemimpin perusahaan bertemu dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih.

Trump mengatakan dalam pertemuan tadi bahwa rencana Foxconn itu adalah akibat kemenangannya dalam pemilihan presiden tahun lalu. Dua hari setelah Trump dilantik, CEO Foxconn Terry Gou mengatakan pada wartawan bahwa perusahaannya berencana membangun pabrik untuk membuat layar komputer di Amerika bernilai tujuh milyar dolar.

“Kalau saya tidak terpilih, pastilah dia tidak akan menanam modal 10 milyar dolar,” kata Trump. “Karena itu kita akan mengalami masa-masa jaya dalam beberapa dasawarsa ke depan.”

Foxconn berjanji akan mengeluarkan dana 10 milyar itu dalam waktu empat tahun ke depan untuk membangun pabrik yang akan mempekerjakan 3.000 orang dan kemungkinan akan menambah 10.000 orang pekerja lagi, kata pernyataan Foxconn.

Foxconn membuat janji-janji serupa untuk membangun pabrik di Harrisburg, Pennsylvania pada tahun 2013 yang akan bernilai 30 milyar dollar. Tapi pabrik itu tidak jadi dibuat. [ii]

XS
SM
MD
LG