Tautan-tautan Akses

Ford, Domino's Pizza Kerjasama Layanan Antar Tanpa Pengemudi


Seorang pekerja sedang mengantar pizza dari sebuah gerai Domino's di Sydney,Australia. (Foto:dok/Reuters)

Ford Motor Co dan Domino’s Pizza Inc. pada September akan menguji reaksi konsumen Michigan untuk layanan antar pizza dengan menggunakan kendaraan tanpa pengemudi, kata perusahaan tersebut dalam laporan Reuters pada Selasa (29/8).

Ini bukanlah uji coba pertama penemuan teknologi pengantaran pizza. Domino's Pizza Enterprises yang berbasis di Australia, waralaba independen terbesar yang berbasis di Ann Arbor, telah menguji pengiriman ke pelanggan di Selandia Baru dengan pesawat tanpa awak (drone) dan robot tanpa pengemudi.

Dalam sebuah publikasian blog minggu lalu, Sherif Marakby, kepala kendaraan otonom dan listrik Ford, memberi isyarat ambisi perusahaan yang lebih luas, dengan mengatakan Ford berencana untuk bekerja sama dengan "beberapa mitra" dalam menggelar kendaraan tanpa pengemudi " yang dirancang untuk memperbaiki pergerakan orang dan barang."

Sebelumnya, eksekutif Ford telah mengatakan bahwa perusahaan tersebut diharapkan dapat meluncurkan pesawat tanpa pengemudi untuk armada komersial pada tahun 2021.

Domino's dan Ford akan mengantarkan pizza ke pelanggan yang dipilih secara acak di area Ann Arbor dalam Ford Fusion Hybrid yang dilengkapi dengan teknologi tanpa pengemudi. Kendaraan pengantar awalnya akan dikemudikan oleh pembalap manusia.

Pelanggan akan dapat melacak proses pengiriman via GPS dan akan menerima pesan teks tentang cara mengambil pizza mereka begitu kendaraan pengantar telah tiba.

Sejumlah layanan pengiriman baru, yang kebanyakan didanai oleh modal ventura, telah bereksperimen dengan pengiriman sesuai permintaan dari paket yang berbeda, termasuk belanjaan, menyiapkan makanan dan minuman. Demikian juga dengan perusahaan yang lebih besar, dari Uber Technologies sampai Amazon.

Namun, pendapat masih terbagi antara, apakah otomatisasi dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah pengiriman yang menjengkelkan, seperti misalnya bagaimana mengantarkan pizza secara ekonomis ke lantai lima sebuah asrama perguruan tinggi.

Kendaraan uji Ford-Domino’s tidak akan berusaha mengatasi dilema seperti itu. Teknologi tersebut hanya akan mengantar sampai di luar rumah pelanggan. Jadi tidak akan memberikan layanan pengiriman dari pintu-ke-pintu.[aa/fw]

XS
SM
MD
LG