Tautan-tautan Akses

Raksasa Silicon Valley, Intel, hari Rabu (9/8) mengumumkan rencana untuk meluncurkan armada mobil swakemudi setelah menyelesaikan pembelian perusahaan teknologi otonom Israel, Mobileye, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Sehari setelah menyelesaikan kesepakatan senilai 15 miliar dolar untuk membeli Mobileye yang memiliki spesialisasi sistem bantuan pengemudi, Intel mengatakan akan mulai meluncurkan secara penuh mobil-mobil swakemudi tahun ini untuk uji coba di Eropa, Israel dan Amerika.

Armada ini secara bertahap akan berjumlah lebih dari 100 kendaraan swakemudi, menurut Intel.

Pengujian di kondisi lapangan akan ``memberikan masukan langsung dan akan mempercepat pengiriman teknologi dan solusi untuk kendaraan-kendaraan swakemudi tingkat tinggi seutuhnya,’’ kata Amnon Shashua, yang akan menjalankan unit ini untuk Intel.

``Tujuan kami adalah mengembangkan teknologi kendaraan swakemudi yang bisa disebarkan dimana saja.’’

Armada uji coba Intel akan termasuk berbagai tipe dan pembuatan kendaraan serta memanfaatkan keunggulan Mobileye untuk visi komputer, pemetaan dan penginderaan.

Intel, yang telah memperlebar bisnisnya di luar bisnis inti membuat chip komputer, bersemangat agar teknologinya menjadi mesin yang menggerakan sistem swakemudi di seluruh spektrum produsen kendaraan.

``Kami ingin membantu kalangan produsen kendaraan untuk meluncurkan mobil-mobil swakemudi dengan cepat sembari mengurangi biayanya,’’ kata Shashua.

Intel mengatakan kendaraan-kendaraan miliknya akan beroperasi dengan swakemudi level 4 yang menurut standar industri mewakili otonomi tingkat tinggi hanya sedikit dibawa swakemudi penuh level 5.

Sebagian besar produsen kendaraan dan perusahaan-perusahaan teknologinya telah meningkatkan upaya membuat swakemudi dalam beberapa tahun terakhir. Menurut mereka, semua sistem ini akan menghilangkan sebagian besar kecelakaan lalu lintas. Apple sudah mengantongi ijin uji coba di California. [fw/ww]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG