Tautan-tautan Akses

Delphi, BMW Kerjasama Kembangkan Mobil Swakemudi


BMW 530e dipamerkan pada pameran auto di Detroit, Michigan Januari lalu (foto: dok). BMW bermitra dengan Delphi akan memproduksi mobil swakemudi.

Pembuat suku cadang dan barang-barang elektronik kendaraan, Delphi Corp bergabung bersama BMW, Intel dan Mobileye untuk membuat kendaraan swakemudi.

Ini adalah kemitraaan terbaru antara pembuat kendaraan, perusahaan teknologi dan pemasok suku cadang serta perusahaan taksi selagi mereka berpacu untuk membuat kendaraan yang dikendalikan robot.

Perusahaan-perusahaan itu hari Selasa mengumumkan bahwa Delphi akan membantu menggabungkan sistem swakemudi. BMW, Intel dan Mobileye sudah bergabung sejak bulan Juli 2016.

Kemitraan itu berencana mulai memproduksi sistem mobil swakemudi menjelang tahun 2021 dan BMW merencanakan meluncurkan mobil swakemudi saat itu. Mobil bisa mengemudi sendiri tapi masih memyertakan pengemudi manusia untuk mengambil alih kemudi jika diperlukan.

Perusahaan-perusahaan itu mengatakan Delphi yang di Amerika berkantor di pinggiran Detroit sudah menyediakan prototype kerangka komputer terkait dengan sensor, kecerdasan artifisial dan komputerisasi lainnya. Sistem itu tidak hanya untuk BMW, perusahaan itu juga berencana untuk mengembangkan sistem yang bisa dipakai pembuat mobil atau perusahaan teknologi lainnya pada mobil mereka sendiri.

Delphi saat ini memproduksi sistem kabel eletrik, kerangka komputer dan piranti lunak swa kemudi. Mobileye, perusahaan yang berbasis di Israel membuat piranti lunak yang menggabungkan kamera, radar dan sensor lainnya serta menawarkan kecerdasan artifisial dan peta. Intel memilliki piranti keras dan pusat data yang akan membantu mobil membuat keputusan sementara BMW membuat mobil dan sudah memiliki teknologi mobil swakemudinya sendiri,

Kemitraan semacam ini tampaknya, hampir setiap hari diumumkan selagi perusaahaan-perusahaan berlomba-lomba menjadi yang pertama memiliki teknologi baru yang berpotensi mengurangi tabrakan, menyelamatkan nyawa dan mengubah cara kita bekendaraan. [my/al]

XS
SM
MD
LG