Tautan-tautan Akses

Exit Poll: Koalisi Abe akan Menang dalam Pemilu Jepang


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, pemimpin Partai Demokrat Liberal, menyapa pendukungnya setelah menyampaikan pidato kampanye di Tokyo, Jepang, 20 Oktober 2017.

Hasil exit poll, atau jajak pendapat terhadap orang-orang yang baru memberikan suara, mengindikasikan bahwa koalisi berkuasa pimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe akan menang dalam pemilu hari Minggu (22/10).

Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan stasiun TV TBS menunjukkan koalisi yang dipimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Abe itu mempertahankan "mayoritas super" dua per tiga yang dikuasainya di majelis rendah parlemen sebelum Abe membubarkan majelis tersebut bulan September lalu.

Kemenangan koalisi dalam pemilu dipercepat ini kemungkinan besar akan memastikan masa jabatan tiga tahun lagi bagi Abe sebagai ketua LDP tahun depan, yang membuatnya menjadi pemimpin yang paling lama menjabat di Jepang.

Berbagai jajak pendapat umum menunjukkan para pemilih menganggap pemerintahan Abe sebagai pilihan yang aman sementara negara tersebut mengatasi kecemasan terkait pembuatan senjata nuklir dan misil Korea Utara.

Jutaan pemilih Jepang memberanikan diri menghadapi hujan lebat dan angin kencang untuk memberikan suara sementara Topan Lan hampir mencapai daratan Jepang. [uh]

XS
SM
MD
LG