Tautan-tautan Akses

Jepang Tawarkan $10 Miliar untuk Kembangkan Infrastruktur LNG Asia


Tanker LNG, Al Hamra, tiba di Pelabuhan Yokohama, Jepang, 21 April 2014. (Foto:Dok)

Jepang akan menawarkan dukungan dana senilai 10 miliar dolar dalam proyek-proyek kerjasama pemerintah dan swasta untuk memasok gas alam cair (LNG) atau membangun infrastruktur LNG di Asia, kata Menteri Perdagangan Jepang, Rabu (18/10).

Pendanaan akan digunakan untuk mendanai proyek-proyek LNG di hulu, midstream dan hilir di negara-negara berkembang di Asia dan negara-negara lain untuk mendorong permintaan LNG, kata Hiroshige Seko yang berbicara pada Konferensi Tahunan Produsen-Konsumen LNG di Tokyo.

Seko juga mengatakan bahwa pemerintah dan perusahan-perusahaan Jepang akan menawarkan pelatihan, berdasarkan permintaan dari negara lain, untuk mengembangkan 500 tenaga kerja untuk proyek-proyek di negara-negara produsen dan konsumen gas.

Inisiatif ini muncul setelah Seko dan Menteri Energi Amerika, Rick Perry, setuju pada Juni bahwa kedua negara akan bekerja sama untuk mengembangkan pasar LNG di Asia, kata Seko. Pengembangan pasar LNG Asia membantu menciptakan permintaan untuk LNG Amerika yang telah meningkat cepat.

Fatih Birol, direktur eksekutif Badan Energi Internasional, mengatakan Rabu bahwa sekitar 40 persen pertumbuhan produksi gas dunia dalam lima tahun mendatang akan berasal dari Amerika saja. [fw/au]

XS
SM
MD
LG