Tautan-tautan Akses

AS

Dua Pengacara Trump Mundur Seminggu Sebelum Sidang Pemakzulan


Mantan presiden AS Donald Trump ketika memegang salinan halaman depan USA Today yang menunjukkan berita pembebasannya dalam persidangan pemakzulan Senat, ketika ia tiba untuk menyampaikan pidato pada Sarapan Doa Nasional di Washington, AS, 6 Februari 2020. (Foto: REUTERS)

Mantan Presiden AS Donald Trump telah putus hubungan dengan para pengacara utama dalam kasus pemakzulan, beberapa hari sebelum sidang, kata dua orang sumber pada Sabtu (30/1).

Perubahan itu menimbulkan ketidakpastian dalam strategi tim pembelanya.

Butch Bowers dan Deborah Barbier, keduanya pengacara asal South Carolina, telah keluar dari tim pembela. Seorang sumber menggambarkan langkah itu sebagai “kesepakatan bersama,” yang mencerminkan perbedaan pendapat mengenai arah kasus itu.

Kedua sumber yang memahami diskusi tim legal itu meminta identitas mereka dirahasiakan. Seorang diantaranya mengatakan pengacara baru dalam tim hukum itu akan diumumkan dalam 1-2 hari.

Bowers dan Barbier belum segera membalas permintaan AP untuk berkomentar.

Trump dijadwalkan disidang pada 8 Februari di Senat atas dakwaan menghasut kerusuhan di Gedung Capitol. Para tokoh Partai Republik dan pembantu Trump telah menekankan bahwa mereka akan menyampaikan argumen sederhana: Sidang tidak konstitusional karena Trump sudah tidak lagi menjabat. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG