Tautan-tautan Akses

2 Orang Dijatuhi Hukuman Mati terkait Serangan Mumbai Tahun 1993


Polisi India melakukan pengamanan gedung pengadilan saat berlangsungnya sidang putusan terhadap tersangka terroris dalam serangan tahun 1993 di Mumbai, India, Kamis (7/9).

Pengadilan India menjatuhkan hukuman mati terhadap dua orang hari Kamis (7/9) karena keterlibatan mereka dalam pemboman tahun 1993 di Mumbai yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Firoz Abdul Rashid Khan dan Tahir Merchant dijatuhi hukuman mati setelah dinyatakan bersalah melakukan persekongkolan dalam ledakan tersebut. Tokoh kunci ketiga dalam serangan tersebut, Abu Salem, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Salem meninggalkan India tidak lama setelah serangan tersebut, dan dia diekstradisi dari Portugal pada tahun 2005 dengan syarat bahwa dia tidak akan menghadapi hukuman mati.

Jaksa penuntut umum Ujwal Nikam juga mengumumkan syarat-syarat hukuman seumur hidup terhadap Salem dan Karimullah Khan, dan masa hukuman penjara 10 tahun terhadap tergugat kelima.

Para pria itu ditangkap beberapa tahun setelah serangan terkoordinasi di mana 13 bom dahsyat yang dipasang di mobil dan kendaraan lainnya menghantam berbagai sasaran terkenal, seperti bursa saham Mumbai, pasar yang ramai, dan hotel bintang lima.

Selain yang terbunuh, lebih dari 700 lainnya luka-luka akibat ledakan menghancurkan yang melanda kota itu selama dua jam. [lt]

XS
SM
MD
LG