Tautan-tautan Akses

Bangunan Runtuh di Mumbai, 32 Tewas


Seorang anggota Tim SAR memberikan pengumuman melalui pengeras suara di lokasi runtuhnya bangunan berlantai lima di Mumbai, India, Kamis, 31 Agustus 2017. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Hujan lebat telah membanjiri beberapa bagian India pekan ini, menambah korban pada musim hujan yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 1.200 orang di berbagai penjuru Asia Selatan.

Sebuah apartemen berumur 177 tahun ambruk, Kamis (31/8) di Mumbai, India, menewaskan sedikitnya 32 orang setelah hujan berhari-hari yang menyebabkan banjir di kota itu. Para pejabat mengatakan sedikitnya 15 orang cedera sewaktu bangunan di kawasan ramai Behendi Bazaar itu runtuh.

Petugas penyelamat mengeluarkan beberapa orang dari reruntuhan. Seorang polisi mengatakan kepada wartawan bahwa ada sembilan keluarga yang tinggal di apartemen tersebut.

Hujan lebat menimbulkan banjir di pusat perdagangan India itu pekan ini, tetapi para pakar cuaca menyatakan hujan lebat diperkirakan mereda Jumat ini. Hujan deras membuat kegiatan kota terhenti hari Selasa (29/8). Jalan-jalan tidak bisa dilalui dan sempat menghentikan layanan kereta komuter yang biasa digunakan jutaan orang. Ribuan orang lainnya terkurung di kantor mereka semalam. Sejumlah penerbangan terpaksa dialihkan ke kota-kota lain pekan ini karena bandara Mumbai kebanjiran.

Negara-negara tetangga India juga terimbas musim hujan yang dimulai pada bulan Juni dan dampaknya dirasakan lebih dari 40 juta orang.

Karachi, Pakistan, diguyur hujan lebat hari Kamis (31/8) dan badai diperkirakan terjadi di berbagai penjuru negara itu selama beberapa hari ini.

Bangladesh dan Nepal juga mengalami banjir hebat yang memaksa ratusan ribu warga mengungsi. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG