Tautan-tautan Akses

Pakistan Ketatkan Pengawasan Pendanaan Teror dan Kumpulkan Data Warga yang Dicurigai Akan Bergabung ISIS


Analis keamanan dan politik mengatakan bahwa upaya pasukan keamanan Pakistan untuk melawan terorisme terbukti berhasil.

Upaya-upaya pasukan keamanan Pakistan untuk melawan terorisme terbukti berhasil, tetapi pemerintah juga perlu menerapkan pendekatan yang lebih keras terhadap para fasilitator teroris, kata analis politik dan keamanan.

“Sekarang Pakistan harus memastikan untuk tidak membiarkan saja para fasilitator teroris,” kata Rasul Baksh Raees, seorang pakar politik Pakistan.

Raees mengatakan kepada VOA Rencana Tindakan Nasional yang komprehensif dan terdiri dari 20 butir, yang melibatkan badan-badan intelijen, polisi, pemerintah, dan tentara, telah berhasil menurunkan tajam serangan teror. Raees memberikan komentar ini menjawab pertanyaan mengenai laporan baru yang mengemukakan penurunan signifikan terorisme dan kekerasan sektarian dalam beberapa tahun terakhir.

Laporan Otorita Kontra-Terorisme Nasional, NACTA, menyimpulkan bahwa pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 1.800 militan dan menangkap sekitar 5.500 tersangka teroris sejak rencana tindakan itu diterapkan dua tahun lalu.

Laporan itu merekomendasikan agar langkah-langkah konkret diambil untuk memutus aliran uang untuk teroris, sementara memuji upaya NACTA mengumpulkan data mengenai warga yang dicurigai yang telah berkunjung ke negara-negara yang dikoyak perang dan mungkin bergabung dengan ISIS. [ds]

XS
SM
MD
LG