Tautan-tautan Akses

Direktur IMF: Perdagangan Global Terancam Terpecah-pecah


Direktur IMF, Christine Lagarde

Direktur Dana Moneter Internasional memperingatkan bahwa sistem perdagangan global terancam "terpecah-pecah".

Dalam pidato yang disampaikan di Hong Kong Rabu (11/4), Christine Lagarde mendesak semua negara untuk "menghindari proteksionisme." Komentar ini mungkin merujuk pada langkah Washington baru-baru ini untuk menerapkan tarif yang tinggi untuk baja impor dan produk lain.

China menanggapi dengan menaikkan tarif pada barang buatan AS, memicu siklus yang diperingatkan beberapa ahli dapat meningkat menjadi perang dagang.

Lagarde mengatakan perdagangan global memiliki manfaat jauh lebih besar daripada menjadi beban dan telah membantu mengurangi kemiskinan global secara drastis selama beberapa dekade terakhir. Lagarde dan para ahli lainnya mengatakan setiap orang akan dirugikan dalam perang dagang, khususnya 800 juta orang di seluruh dunia yang, menurut Bank Dunia, masih terperosok dalam kemiskinan.

Pidato Lagarde disampaikan seminggu sebelum pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Washington, di mana para pemimpin ekonomi dan keuangan dan ahli dari seluruh dunia akan berkumpul untuk mencari solusi untuk masalah perbankan, perdagangan, defisit dan topik- topik lain. [as/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG