Tautan-tautan Akses

IMF: Populasi Menua Bisa Perlambat Ekonomi Negara-negara Maju


Direktur pengelola IMF, Christine Lagarde (foto: ilustrasi).

Populasi yang menua di negara-negara maju menguras tenaga kerja dan bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi, tetapi mengizinkan masuknya pekerja imigran bisa mengatasi penurunan itu, demikian dikatakan Dana Moneter Internasional (IMF) hari Senin (9/4).

Pakar ekonomi IMF mengakui pemerintah menghadapi tekanan politik terkait masalah imigrasi. Tetapi mereka tidak punya banyak pilihan. Bahkan dengan kebijakan membantu mempertahankan kestabilan pasokan tenaga kerja, mereka tidak akan mampu mencegah situasi yang tidak terhindarkan manakala pekerja berusia tua pensiun dan keluar dari angkatan kerja.

Laporan itu mendorong imigrasi karena alasan ekonomi dan disampaikan pada saat banyak negara maju menghadapi peningkatan sentimen anti-imigran.

PBB memperkirakan, menjelang pertengahan abad ini, jumlah penduduk akan turun di hampir separuh negara berekonomi maju. Artinya tenaga kerja muda "akan mengisi hampir dua kali lipat lapangan kerja orang tua sekarang," ujar IMF, memperingatkan dalam salah satu bab laporan World Economic Outlook yang menganalisis tren tenaga kerja. [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG