Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam 'Perdagangan Bodoh' dengan China


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Beijing, 9 November lalu.

Presiden AS Donald Trump hari Senin (9/4) memuji "hubungan baik Amerika dengan China" dan persahabatannya yang "baik" dengan Presiden Xi Jinping, tetapi kembali menuduh China telah mengambil keuntungan dari Amerika terlalu lama.

Dikelilingi oleh pejabat Kabinet sebelum pertemuan Gedung Putih Senin, Trump mengatakan kesepakatan perdagangan antara AS dan China termasuk "sejumlah peraturan perdagangan yang berat-sebelah yang belum pernah dilihat siapapun." Di samping menyalahkan Beijing, Trump juga mengkritik Presiden, perwakilan, dan para perunding sebelumnya atas situasi perdagangan sekarang ini.

Trump mengancam akan mengenakan tarif atas barang-barang China senilai $100 miliar pekan lalu, setelah Beijing mengancam untuk menarget produk-produk AS senilai $ 50 miliar, termasuk kedelai dan pesawat kecil yang kemungkinan tarifnya akan dinaikkan.

Para pakar memperingatkan, jika tarif itu diberlakukan, para petani AS yang sangat bergantung pada ekspor produk pertanian mereka ke China, akan menjadi korban pertama.

Sebelumnya, Senin, Trump mengecam "perdagangan bodoh" dengan China, dan berpendapat bahwa produsen mobil AS dirugikan oleh tarif yang besar terhadap ekspor mereka, sementara AS memberlakukan tarif yang jauh lebih kecil pada impor kendaraan dari China. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG