Tautan-tautan Akses

Presiden China Janji Potong Bea Impor Mobil


Para wartawan di media center di Forum Boao untuk Asia memperhatikan siaran Presiden China Xi Jinping membacakan pidato di Hainan, bagian selatan China, 10 April 2018.

Presiden China Xi Jinping tidak menyebut nama Presiden Amerika Donald Trump atau berbicara langsung tentang meningkatnya sengketa dagang dengan Amerika dalam pidato di Forum Boao, di Pulau Hainan, yang merupakan versi Cina untuk pertemuan tahunan Davos yang diadakan di Swiss.

Tetapi janji-janji Xi Jinping untuk memajukan reformasi ekonomi, semuanya berhubungan dengan sengketa perdagangan dan ancaman Presiden Trump untuk memungut bea masuk yang tinggi atas barang-barang Cina.

Dalam pidatonya, Xi menyebutkan kalimat "membuka perekonomian" sebanyak 42 kali. Salah satu pesan utama dalam pidatonya adalah bahwa Cina terbuka untuk bisnis. Itu juga merupakan usaha, kata seorang analis, untuk menyorot perbedaan antara pendekatan Beijing dan Washington dalam soal ekonomi.

"Saya ingin mengatakan dengan jelas kepada semua orang, pintu Cina terbuka tidak akan ditutup, tetapi bahkan akan terbuka lebih lebar," kata Xi. "Mental perang dingin dan adu kekuatan sudah kuno dan ketinggalan zaman. Isolasionisme tidak akan menghasilkan apapun."

Dalam pidatonya, Xi mengatakan Cina akan meluncurkan sejumlah langkah penting tahun ini, termasuk pemotongan tarif bea impor mobil, salah satu hambatan perdagangan yang berulang kali disebutkan oleh Presiden Trump. Cina menetapkan bea 25 persen untuk impor mobil dari Amerika, sementara kendaraan bermotor Cina yang diekspor ke Amerika hanya dikenai bea masuk 2,5 persen.

Presiden Trump memuji pidato Xi Jinping itu lewat Twitter, mengatakan dia "sangat berterima kasih kepada Presiden Xi atas kata-kata baik Cina tentang tarif dan hambatan bagi impor mobil Amerika ... juga, pencerahannya tentang kekayaan intelektual dan transfer teknologi. Kita akan membuat kemajuan besar bersama-sama!.”

Xi menyatakan kembali janji untuk membuka sektor keuangan China, melonggarkan berbagai pembatasan dan mempercepat pembukaan industri asuransi.

Dia juga mengatakan Cina akan merombak Kantor Kekayaan Intelektual Negara tahun ini untuk meningkatkan penegakan hukum, meningkatkan denda untuk pelanggaran dan memperkuat perlindungan hukum. [sp/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG