Tautan-tautan Akses

Demonstran Tunisia Kecam Israel, Dukung Palestina


Para pengunjuk rasa Tunisia menggelar aksi protes anti-Israel di luar Kementerian Pariwisata Tunisia, Sabtu, 8 Desember 2018.

Puluhan demonstran pro-Palestina melakukan aksi protes di Ibu Kota Tunisia untuk menentang Israel dan kebijakan-kebijakannya terhadap Palestina.

Protes pada Sabtu (8/12) itu digelar di luar Kementerian Pariwisata. Menteri Pariwisata Tunisia adalah seorang Yahudi, sesuatu yang tidak umum di negara mayoritas Muslim itu.

Para pengunjuk rasa marah dengan permukiman-permukiman Israel dan menyerukan pembentukan negara Palestina. Massa termasuk kelompok-kelompok sayap kiri yang mendesak diloloskannya RUU yang akan mengkriminalisasi upaya-upaya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pemerintah Tunisia meremehkan usulan itu, dan parpol berbasis Islam yang moderat Ennahdha memperingatkan bahwa RUU semacam itu bisa merugikan hubungan Tunisia dengan negara-negara Barat dan organisasi internasional. Tunisia, seperti kebanyakan negara Arab, tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Tunisia dilihat sebagai model toleransi di kawasan itu, tapi kini semakin menghadapi meningkatnya ekstremisme. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG