Tautan-tautan Akses

AS

Demokrat: Trump Cegah FBI Pindah Markas Besar


Presiden Donald Trump di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Maryland, Kamis, 18 Oktober 2018.

Email pemerintah yang baru dirilis mengindikasikan Presiden Donald Trump ikut campur langsung dalam rencana mempertahankan markas besar Biro Investigasi Federal (FBI) di pusat kota Washington, bukannya pindah ke kawasan pinggir kota yang telah lama direncanakan.

Anggota partai Demokrat di Komite Pengawas DPR merilis email-email tersebut hari Kamis. Mereka menyebut tindakan presiden jelas sebagai konflik kepentingan karena sebuah hotel milik Trump berlokasi persis di seberang gedung FBI di Pennsylvania Avenue.

Para legislator itu menyatakan Trump selalu menginginkan properti FBI itu menjadi miliknya. Karena ia tidak dapat melakukan sebagai presiden, ia sekarang ingin menghalangi orang lain membelinya dan membangun hotel saingan di lokasi tersebut, tuduh mereka.

Demokrat merilis surat hari Kamis ke Administrator kantor Administrasi Layanan Umum (GSA) pemerintah Amerika Emily Murphy. Di dalam surat itu para anggota fraksi Demokrat menyebut Murphy menyesatkan Kongres mengenai keterlibatan presiden. GSA adalah pemilik bangunan-bangunan pemerintah federal.

Menurut surat itu, Murphy bertemu dengan Trump dan para pejabat FBI di Gedung Putih pada bulan Januari, di mana Trump “terlibat langsung” dalam keputusan mempertahankan markas besar FBI di lokasinya sekarang ini.

Dalam surat kepada Murphy itu disebutkan, “Dokumen-dokumen baru yang diserahkan kepada Komite Pengawas mengindikasikan bahwa Presiden Trump bertemu secara pribadi dengan Anda, FBI, dan para pejabat Gedung Putih pada 24 Januari 2018, di mana ia terlibat langsung dengan keputusan untuk meninggalkan rencana lama untuk merelokasi dan malah meneruskan proposal yang lebih mahal untuk membangun gedung baru di lokasi yang sama, dan karena itu mencegah para pesaing Hotel Trump untuk mendapatkan lahan itu.”

Gedung Putih dan GSA menyatakan para anggota Demokrat itu keliru dan keputusan untuk tidak pindah itu sepenuhnya diambil oleh FBI sendiri dan didasarkan pada biaya untuk mendapatkan markas besar baru di Maryland atau Virginia.

Gedung FBI lama dibangun pada tahun 1974 dan disebut dalam kondisi buruk, terlalu kecil dan bahwa lokasinya yang di pinggir jalan ramai di pusat kota membuat peningkatan keamanan hampir mustahil dilakukan. [uh]

XS
SM
MD
LG