Tautan-tautan Akses

Pompeo: AS Tanggapi Serius Lenyapnya Jurnalis Saudi


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo memberi keterangan pers mengenai lawatannya ke Arab Saudi setelah bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, 18 Oktober 2018.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kepada otoritas Arab Saudi bahwa AS menanggapi hilangnya wartawan Jamal Khashoggi dengan "sangat serius."

Amerika akan menunggu hasil penyelidikan yang dijalankan oleh Kerajaan Arab Saudi dan Turki sebelum memutuskan bagaimana AS akan menanggapinya, kata Pompeo seperti dilaporkan kantor berita Associated Press.

Pompeo berbicara kepada wartawan pada Kamis (18/10) setelah memberi penjelasan singkat kepada Presiden Donald Trump di Gedung Putih mengenai pembicaraannya dengan para pemimpin di Arab Saudi dan Turki.

Pompeo mengatakan Arab Saudi meyakinkannya bahwa mereka akan melakukan penyelidikan "lengkap, menyeluruh" atas hilangnya Khashoggi.

Khashoggi dikhawatirkan tewas setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul lebih dari dua minggu lalu.

Pihak berwenang Turki mengatakan ia dibunuh. Arab Saudi membantah terlibat. Dalam komentarnya kepada wartawan, Pompeo mengatakan ia juga menekankan "hubungan strategis jangka panjang" antara AS dan Arab Saudi.[my]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG