Tautan-tautan Akses

...dan Korban Kekerasan Seksual Terus Bertambah


...dan Korban Kekerasan Seksual Terus Bertambah (Foto: ilustrasi)

Data dari Jaringan Kerja Prolegnas Pro-Perempuan (JKP3) menunjukkan selama tiga tahun pembahasan alot RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, sudah ada 11.000 korban baru. Kami menyarikan 110 wajah korban, yang masing-masing mewakili ratusan korban lain yang butuh pemulihan.

Yuyun, siswi SMP, Rejang Lebong, Bengkulu, diperkosa secara beringas di kebun karet oleh 14 pemuda yang kemudian membunuhnya. Pembunuhannya kembali mendorong pengesahan RUU P-KS pada 2016. Seorang gadis 16 tahun di Subang, Jawa Barat, dilecehkan oleh 2 orang pria dewasa, MS dan ST, setelah kedua pemuda itu memberi minuman keras kepada korban dan membawanya ke penginapan. EF di Tangerang, Banten, dalam kondisi mengenaskan dengan gagang cangkul menancap di organ kemaluannya, ditemukan tewas di asrama karyawan tempat EF bekerja, setelah diperkosa dan dibunuh 3 pria, salah satunya remaja 16 tahun.

NR, 16 tahun, di Enrekang, Sulawesi Selatan diperkosa bergantian sampai hamil oleh 3 orang pria, PJ sebanyak 4 kali, RM 2 kali, dan NM 1 kali, dari Kamis petang sampai Jumat dini hari. STC, 19 tahun, di Manado, Sulawesi Utara, mengadukan dugaan perkosaan yang menimpanya, namun hasil visumnya diminta diperiksa ulang. D, siswa SMP di Jakarta Utara, diperkosa oleh 8 pemuda tetangganya, dan ketika melaporkan kasus itu, dia justru diperkosa kembali oleh oknum kepolisian. Seorang anak 11 tahun LS di Klaten, Jawa Tengah, diperkosa oleh 4 orang yang masih berusia anak, korban diajak bermain sebelum dimasukkan ke dalam kamar.

YI, 13 tahun, Jakarta Selatan, ditemukan tidak sadarkan diri di sebuah lokasi pemakaman setelah dicekoki minuman keras dan diperkosa 4 pria. S, 15 tahun, di Tangerang, Banten, sedang menumpang angkot dan malah dibawa ke luar rute oleh si sopir, RA, ke sebuah kos-kosan, di mana sopir bersama 5 temannya CH, AA, AD, TS, dan DS, memperkosa korban. Pelajar 15 tahun asal kota Banda Aceh, Aceh, diperkosa empat anak di bawah umur HSP, IG, TR, dan SH, setelah korban diajak mengunjungi kafe dan malah dibawa ke bengkel. Bidan pegawai tidak tetap (PTT) di Puskesmas Pembantu Arogolik, Wamena, 23 tahun, mengalami percobaan perkosaan saat akan bertugas.

58 anak jadi korban kekerasan seksual seorang pengusaha Kediri, Jawa Timur, menyebabkan banyak korban putus asa dan berhenti sekolah. Siswi SD di Kota Bogor, Jawa Barat, disekap selama tiga hari dan dicabuli tiga pemuda bejat RI, SA, dan EK, di sebuah kamar kos setelah korban diberi iming-iming 200 ribu Rupiah. Perempuan 20 tahun, di Pontianak, Kalimantan Barat, diperkosa setidaknya 16 orang di beberapa tempat berbeda, yang didalangi oleh kekasih korban sendiri. Gadis berusia 10 tahun di Sumbawa, NTB, nyaris menjadi korban pelampiasan nafsu bejat FBR, 23 tahun, ketika korban tidur nyenyak di ruang keluarga rumahnya. Wajah korban ditutup dengan egg tray.

Bocah 12 tahun di Lampung diperkosa dan ditemukan tergeletak tanpa busana, luka di sekujur wajah, bibir lebam. Seorang siswi SMP, IR, 13 tahun, di Sragen, Jawa Tengah menjadi korban perkosaan sejumlah lelaki hidung belang setelah dibawa kabur selama empat hari. DA, 19 tahun, di Kepulauan Riau, diperkosa OS, AF, dan HY, ketika korban pulang bekerja. STC, 19 tahun, di Manado, Sulawesi Utara, mengadukan dugaan perkosaan yang menimpanya, namun kasusnya hasil visumnya diminta diperiksa ulang. Bayi 2,5 tahun diperkosa seorang pria 26 tahun yang kesehariannya sering bermain dengan anak-anak.

Seorang siswi SMP, 16 tahun, di Nusa Tenggara Timur (NTT) harus menjalani Ujian Nasional sambil mengurus anak di rumahnya, setelah ia jadi korban perkosaan pamannya sendiri. AF, 15 tahun, Jakarta Selatan,diperkosa di sebuah rumah kosong oleh seorang pria misterius yang menjanjikannya casting TV. MN, 10 tahun, Lampung Timur, sempat hilang tiga hari sebelum akhirnya ditemukan tewas dengan bekas cekikan dan hantaman benda tumpul, usai diperkosa 10 pemuda. Bocah di Musi Rawas, Sumatera Selatan, hampir jadi korban perkosaan seorang pria SS, 26 tahun, ketika pelaku mencegat dan pura-pura minta tolong kepada korban yang baru pulang sekolah.

Lima pria, bagian dari kelompok yang terdiri dari 14 pria dan anak lelaki, dihukum karena pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis sekolah berusia 14 tahun, duduk di hadapan hakim selama hukuman di Curup, dekat Bengkulu, Sumatra, 29 September 2016. (Foto: REUTERS/Kanupriya
Lima pria, bagian dari kelompok yang terdiri dari 14 pria dan anak lelaki, dihukum karena pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis sekolah berusia 14 tahun, duduk di hadapan hakim selama hukuman di Curup, dekat Bengkulu, Sumatra, 29 September 2016. (Foto: REUTERS/Kanupriya

Perempuan 19 tahun di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dirampok dan diperkosa seorang pria yang masuk ke rumah korban, mengikat tangan dan menyumpal mulut korban. Gadis 14 tahun di Sidoarjo, Jawa Timur, harus tinggal di bekas kandang bebek, setelah hamil akibat diperkosa lima remaja sebayanya, tiga di antaranya masih siswa SD. SY, 19 tahun, di Pekanbaru, Riau diperkosa oknum kepolisian MR setelah korban diduga menolak cinta pelaku. Gadis 15 tahun di DKI Jakarta diperkosa oleh EN, kemudian hamil, dan menghadapi tuntutan 8,5 tahun penjara setelah ia membuang anaknya ke tempat sampah karena mengiranya sebagai kotoran. DE, 26 tahun, Bengkulu, diperkosa 4 orang pria di depan suaminya sendiri. Pegawai BUMD di Depok, Jawa Barat, mengalami syok berat setelah diperkosa oleh perampok yang masuk ke rumahnya dan menggasak sejumlah uang dan handphone korban. Turis asal Denmark, 24 tahun, yang berselancar di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, diperkosa seorang pemuda setempat di semak-semak setelah sebelumnya diancam pelaku dengan menggunakan kayu.

Siswi SMP 15 tahun di Bogor, Jawa Barat, diperkosa dua pelajar SMA, SR dan DR, yang dikenal korban dari Facebook. Korban diberi minuman soda yang sudah dicampur alkohol hingga korban tak sadarkan diri. SA, 17 tahun, di Pamekasan, Jawa Timur, diperkosa oleh dua pemuda keji dan kepolisian baru menerima laporan tersebut setelah keluarga korban datang bolak balik ke mapolres sebanyak 3 kali. KM, 4 tahun, di Kota Sorong, Papua Barat, diperkosa ramai-ramai dan dibunuh. Jasadnya ditemukan terkubur di dalam aliran sungai berisi lumpur. Pembunuhannya mendorong isu hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual. Siswi SD di Semarang, Jawa Tengah, menderita trauma dan gangguan pada alat kelaminnya setelah diperkosa 21 laki-laki di tiga tempat berbeda dan tiga kesempatan berbeda.

Seorang gadis di Nunukan, Kalimantan Utara, diperkosa paman sendiri saat korban duduk di kelas 3 sampai 4 SD. Kasusnya terungkap 7 tahun kemudian. Seorang siswi SMP, 16 tahun, di Karawang, Jawa Barat, diperkosa empat laki-laki setelah dicekoki minuman beralkohol. PR, 15 tahun, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diperkosa empat temannya yang berpesta minuman alkohol dan memperkosa korban secara bergiliran. Gadis 14 tahun di Sukabumi, Jawa Barat, mengalami pendarahan dan trauma berkepanjangan setelah ia diperkosa berulang kali oleh tetangganya, yang tinggal hanya 50 meter dari rumahnya. Bocah 13 tahun di Jombang, Jawa Timur, diperkosa oleh lima pemuda di sawah dan rumahnya, dan diancam supaya tidak memberitahu orang lain. Korban kemudian hamil dan hanya mengurung diri di rumah.

Siswi SD, 12 tahun, di Probolinggo, Jawa Timur, diperkosa seorang kakek di kebun tebu di sekitar tempat tinggalnya, pelaku melarikan diri sementara korban mengalami trauma fisik dan psikis. Seorang anak perempuan di Kabupaten Tangerang, Banten, disekap dan dilecehkan secara seksual oleh ayah tirinya. Kasus terungkap setelah korban menangis dan mengadu pada ayah kandungnya. Seorang gadis 17 tahun di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, diperkosa secara bergiliran oleh 15 pemuda bejat dan korban ditinggalkan dalam keadaan pingsan. Jenazah perempuan tanpa identitas berusia 16 tahun di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ditemukan di pinggir selokan setelah diduga diperkosa empat pemuda.

Siswi 14 tahun di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diperkosa tujuh remaja setelah dipaksa menenggak obat-obatan dan minuman keras hingga korban tak sadarkan diri. Seorang siswi SMP di Kabupaten Pulau Pisang, Kalimantan Tengah, diperkosa di dalam ruang kelas oleh enam pria PT, YZ, JN, ST, DW dan SR. Perempuan disabilitas mental usia 18 tahun di Semarang, Jawa Tengah, diculik selama dua pekan dan dilecehkan oleh pemuda Y 40 tahun. N di Donggala, Sulawesi Tengah, diperkosa oleh seorang direktur perusahaan tambang, sementara pelaku dibiarkan bebas bahkan bisa pergi ibadah umrah.

Seorang siswi SMA 16 tahun di Nias, Sumatera Utara, diperkosa oleh oknum kepolisian DS yang menggelar razia narkoba di sebuah warnet. Korban tidak memiliki narkoba namun diperas oleh pelaku. Gadis 12 tahun di Kabupaten Tangerang, Banten, diperkosa hingga hamil oleh NT 27 tahun yang bekerja untuk orang tua korban sebagai penjaga toko kelontong. Remaja 15 tahun di Kota Bogor, Jawa Barat, diperkosa 7 siswa SMA dan SMK, AM, HA, SY, AP, FH, FS, dan RN, hingga korban tak sadarkan diri dan ditinggalkan di pinggir sungai. MA, karyawati di Jakarta Selatan, diperkosa oleh sopir angkot dan ditinggalkan di pertigaan lampu merah. Perempuan 19 tahun di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi korban perkosaan oleh seorang pria yang masuk ke rumahnya, yang sebelumnya telah membunuh ibu korban secara keji.

Petani 44 tahun di Aceh Utara diperkosa seorang pemuda MI 18 tahun, juga petani. EK, 16 tahun, di Indragiri Hulu, Riau, diperkosa ayah kandungnya sendiri beberapa kali, dan ia diancam tidak diberi uang jajan jika memberi tahu ibu atau anggota keluarga lain. Perempuan 20 tahun di Cilacap, Jawa Tengah, diperkosa dua pemuda YN dan SW di kebun jagung. Pelaku ditangkap di terminal bus saat akan kabur ke Jakarta. Seorang perempuan di Lumajang, Jawa Timur, diperkosa seorang kakek berusia 59 tahun. DE 25 tahun di Bengkulu Selatan, Bengkulu, diperkosa oleh 4 orang di depan suaminya sendiri ZA 25 tahun. Satu pelaku mengidap penyakit kelamin sifilis. Gadis 16 tahun di Pasuruan, Jawa Timur, diseret ke kuburan dekat terminal dan diperkosa secara bergiliran oleh enam pemuda, kemudian korban dibawa ke tempat lain dan dijadikan budak seks. Korban menyelamatkan diri dengan lompat dari motor pelaku. Siswi SMA di Kota Siantar, Sumatera Utara, diperkosa oleh delapan pelaku dan mendapatkan luka-luka sulutan api rokok. Ini merupakan perkosaan berencana karena tiga pelaku menjemputnya dan membawanya ke tempat lima pelaku lain berada. IM, 17 tahun, di Kota Tangerang, Banten nyaris diperkosa kekasihnya sendiri ZF 24 tahun, yang merupakan sopir angkot, saat keduanya berada di dalam angkot yang diparkir di pinggir jalan.

Siswi SMP 14 tahun di Semarang, Jawa Tengah, ditemukan di jalanan dalam kondisi nyaris telanjang dan penuh luka setelah dia diperkosa dan dianiaya AR 26 tahun dan MB 29 tahun. Gadis di Medan, Sumatera Utara, diperkosa oleh TN 49 tahun, yang memanipulasi korban untuk menemuinya dan kemudian membawa korban ke hotel. Usai diperkosa, korban disuruh pulang sendiri dengan naik angkot.

Anak di bawah umur di Batanghari, Jambi, diperkosa kakak kandungnya sendiri dan dijatuhi hukuman 6 bulan karena melakukan aborsi serta membuang bayinya ke semak-semak. FN, 16 tahun, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meninggal dunia setelah mengalami perkosaan oleh sekelompok remaja dan menderita depresi. Ibu rumah tangga, 27 tahun, di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, diperkosa di area persawahan oleh AJ 21 tahun saat korban menunggu dijemput adiknya.

Guru dan tenaga medis di Kabupaten Nduga, Papua, disekap dan diperkosa oleh 5 orang anggota kelompok bersenjata. Dua turis asal Prancis dan Italia yang berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, diperkosa oleh pemandu wisatanya sendiri, usai melakukan perjalanan ke lokasi wisata air terjun. Agni, mahasiswi UGM, Yogyakarta, diperkosa ketika KKN. Agni akhirnya mengambil langkah non-hukum, sementara pihak universitas membiarkan pelaku diwisuda. Kasus ini mendorong kembali pengesahan RUU P-KS dan mendorong pengungkapan kasus kekerasan seksual di banyak institusi pendidikan lainnya.

Siswi 14 tahun di Tulungagung, Jawa Timur, diperkosa tiga preman kampung yang semuanya berstatus duda. Mahasiswi USU Medan diduga mengalami pelecehan seksual dari seorang dosen universitas tersebut. Siswi SD 12 tahun di Semarang, Jawa Tengah, diperkosa 6 laki-laki MA, SA, ER, UN, AB, dan SE yang sebagian juga masih di bawah umur. Polisi mengatakan peristiwa antar anak-anak tersebut didasari suka sama suka, meski polisi sendiri mengatakan bahwa korban dimanipulasi lewat bujuk rayu. 15 organisasi masyarakat sipil mengecam pernyataan polisi.

dan korban....(foto: ilustrasi)
dan korban....(foto: ilustrasi)

Beauty (nama samaran) diperkosa sejak berusia 13 tahun hingga 19 tahun oleh ayah tirinya sendiri. Saat mengadu ke ibu kandungnya, Beauty dipersalahkan dan diusir dari rumah. Siswi SMA 16 tahun di Kota Tual, Maluku, diperkosa oleh pria misterius yang mengenakan topeng. Gadis 22 tahun di Yogyakarta diperkosa selama 8 tahun oleh ayah tirinya S 44 tahun. Polisi menyebut, kekerasan seksual yang dialami korban sudah tidak terhitung jumlahnya. Murid SMP di Bekasi, Jawa Barat, diperkosa guru agama F 32 tahun di ruang ekskul di luar jam pelajaran.

Perempuan di Surabaya, Jawa Timur, diperkosa dua kali oleh kekasihnya sendiri FM 21 tahun setelah korban dikurung di kamar hotel, ditampar, rambutnya ditarik, dan kepalanya dimasukkan ke wastafel penuh air hingga korban tak berdaya. Empat mahasiswi UIN Bandung menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan tiga dosen berbeda, dalam rentang waktu 2016 hingga 2018. Gadis 15 tahun di Kota Jambi, Jambi, diperkosa secara bergiliran oleh 12 pemuda HR (15), M (17), BK (16), P (19), RD (15), MA (16), BS (19), MI (17), MF (17), E (20), I (19) dan Z (18), dalam aksi bejat yang didalangi HR, pelaku sekaligus mantan kekasih korban. Mahasiswa asal Norwegia yang menginap di Badung, Bali, diperkosa ketika menginap di sebuah vila oleh pemuda yang korban mintakan tolong untuk memperbaiki kran air hangat di kamarnya.

Perempuan 24 tahun yang memesan jasa mobil daring di Jakarta Barat, dilucuti pakaiannya setelah 3 pria SN, AP, LI, termasuk si sopir membekap korban, merampas perhiasan dan dompet, serta menguras isi ATM-nya. Perempuan 24 tahun di Boyolali, Jawa Tengah, diperkosa dan dibunuh oleh FSS 19 tahun setelah korban menagih hutang 400 ribu Rupiah. Jenazah korban disingkirkan ke ladang. Mahasiswi 21 tahun di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, diperkosa saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh temannya sendiri PR 21 tahun setelah pelaku masuk kamar korban, membekap mulut, dan membanting tubuh korban ke lantai.

Bocah 4 tahun di Semarang, Jawa Tengah, mendapat pelecehan seksual dari seorang kakek 68 tahun. Kasusnya terbongkar karena korban mengeluh sakit ketika buang air kecil. Turis asal Amerika Serikat di Pantai Kuta, Bali, diperkosa oleh IK 34 tahun yang dalam keadaan mabuk. Seorang remaja putri 19 tahun di Brebes, Jawa Tengah, diperkosa oleh pedagang etalase saat korban ingin membeli salah satu produk di ruko milik pelaku.

Bidan desa di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, menjadi korban perkosaan dan perampokan di rumahnya ketika listrik sedang padam. Remaja putri 16 tahun di Wonogiri, Jawa Tengah, diperkosa 6 pria bejat dan hamil. Lewat mediasi warga keluarga korban menuntut uang 50 juta Rupiah per pelaku untuk biaya perawatan dan persalinan korban, namun akhirnya disepakati 7,5 juta Rupiah per pelaku. Perempuan 20 tahun asal Wonogiri, Jawa Tengah, mengalami trauma usai diperkosa enam pemuda di tengah kebun di Semarang ketika korban pulang dari menonton pertunjukan wayang orang.

Gadis 12 tahun di Padang, Sumatera Barat, menderita kanker serviks stadium 4 akibat pemerkosaan dari depan dan belakang berulang kali oleh AM 60 tahun. Pendarahan yang diderita korban selalu disembunyikan dengan alasan sedang menstruasi. Ibu rumah tangga yang tengah hamil 2 bulan di Pasuruan, Jawa Tengah, diperkosa oleh sopir elf H 22 tahun di dalam mobil penumpang tersebut setelah korban dijanjikan diantar ke tempat tujuan, dibawa berputar-putar, dirampas handphone dan tasnya, serta dipukul dan ditendang sampai lemas. Seorang perempuan 44 tahun ditemukan tergeletak di pinggir sawah di Indramayu, Jawa Barat, setelah diperkosa oleh dua pemuda MP 23 tahun dan AD 23 tahun yang menawarkan tumpangan motor kepada korban yang baru tiba dari luar kota. Gadis 29 tahun di Kabupaten Serang, Banten, diperkosa oleh pria yang korban kenal lewat Facebook AS 23 tahun, yang turut merampas perhiasan serta uang korban. Tiga siswi sebuah SMP di Kabupaten Serang, Banten, diperkosa dan dilecehkan oleh tiga orang guru. Terdapat luka robek pada alat kelamin salah satu korban. Gadis 18 tahun di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, diperkosa seorang pria di rumah korban seusai pelaku berpura-pura meminta minum lewat jendela kamar korban.

Gadis 15 tahun di Karangasem, Bali, diperkosa, dicekik, dan dilucuti pakaiannya hingga robek, oleh teman dekatnya DY 21 tahun setelah pelaku meminta bertemu korban dengan alasan meminjam buku. Lewat rembug keluarga, korban diberikan kepada pelaku untuk dinikahi, namun berhasil digagalkan kelompok masyarakat sipil. Mahasiswi 18 tahun di Prabumulih, Sumatera Selatan, diperkosa SS 22 tahun yang baru lima hari dikenal korban, setelah pelaku meminta bertemu dengan alasan silaturahmi Idul Fitri. Bocah 8 tahun di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diperkosa dan dibekap oleh tetangganya sendiri seusai bermain di rumah tetangga tersebut.

Dua santriwati 12 tahun dan 14 tahun di Tulungagung, Jawa Timur, diperkosa dan dilecehkan oleh dua pria CM 22 tahun dan CK 22 tahun, setelah dibujuk rayu untuk datang ke rumah pelaku CM. SR, 35 tahun, di Jombang, Jawa Timur, ditemukan di semak-semak dalam keadaan tewas tanpa busana setelah diperkosa dan dihabisi oleh seorang pria. 12 siswi SD di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dicabuli seorang guru SW 48 tahun di dua tempat berbeda, bumi perkemahan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

RA dipecat dari pekerjaannya setelah mengaku diperkosa dan dilecehkan berulang kali oleh atasannya, anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan berinisial SAB, baik di dalam maupun di luar kantor yakni di Pontianak, Makassar, Bandung, dan Jakarta. 34 bocah laki-laki di Kota Bandung, Jawa Barat, dicabuli seorang guru les yang menyuruh para korban untuk menonton video porno, kemudian mencabuli mereka, dan merekam aksi tersebut dengan handphone. Baiq Nuril, seorang guru honorer di Mataram, Nusa Tenggara Barat, divonis melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik setelah merekam percakapan cabul yang ditujukan kepadanya dari kepala sekolah tempat ia bekerja. Meski Baiq akhirnya menerima amnesti dari presiden, kasusnya menunjukkan UU ITE bisa menjerat korban pelecehan yang berusaha mengumpulkan bukti. Siswi SMP 15 tahun di Semarang, Jawa Tengah, diperkosa dua temannya R 18 tahun dan N 19 tahun di sebuah gubuk, kemudian di hotel, setelah korban diberi teh yang dicampur obat bius.

CH mahasiswi di Bandung, Jawa Barat, dilecehkan oleh seniornya sendiri ketika korban menjaga seorang pasien di rumah sakit. Pelaku tidak pernah meminta maaf dan lulus setahun kemudian tanpa sanksi dari universitas. AS mahasiswi di Surabaya, Jawa Timur, dilaporkan dengan UU ITE oleh petugas Satpol PP, setelah dia mengunggah kasus pelecehan seksual yang dia terima ketika bernegosiasi dengan para petugas yang mengepung asrama mahasiswa Papua di Surabaya. 30 orang menyatakan mengalami kekerasan seksual dari IM seorang mahasiswa berprestasi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang kini berkuliah di Australia.

PA di Garut, Jawa Barat, dipaksa melayani 3 laki-laki dan direkam dalam video oleh suaminya sendiri namun korban kemudian divonis bersalah oleh pengadilan sebagai model konten pornografi. 21 anak-anak berusia 11-15 tahun di Depok, Jawa Barat, menjadi korban pencabulan oleh SPM 42 tahun di Gereja Paroki Santo Herkulanus, yang diperkirakan terjadi sejak 2002. NF 14 tahun di Lampung, Sumatera Selatan, diduga menjadi korban perkosaan oleh DA yang merupakan Kepala UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Lampung Timur saat korban dititipkan orangtuanya di rumah aman milik lembaga pemerintah tersebut. RR, anak berusia lima tahun di Pasuruan, Jawa Timur, diperkosa dua kali dan dibunuh oleh pasangan pasutri yang baru menikah, 7 Juli 2020. [rt/em]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG