Tautan-tautan Akses

China Catat $50 Miliar Produk AS yang Mungkin Pajaknya Dinaikkan 25%


Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross memberikan keterangan di depan komisi Kongres AS.
Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross memberikan keterangan di depan komisi Kongres AS.

China, hari Rabu (4/4) mengeluarkan daftar komoditi AS termasuk kacang kedelai dan pesawat kecil senilai $ 50 miliar yang kemungkinan dinaikkan tarifnya terkait meningkatnya pertikaian tarip yang berpotensi merugikan teknologi AS.

Lembaga pajak negara tidak memberi waktu bagi kenaikkan 25 persen tarip dan mengatakan, akan tergantung pada apa yang dilakukan Presiden Donald Trump tentang rencana AS untuk menaikkan bea dalam jumlah yang sama dari China.

Daftar 106 produk China yang merupakan ekspor terbesar AS ke China mencerminkan kerawanan terhadap sengketa atas keluhan Amerika yang menekan perusahaan asing untuk mengalihkan teknologinya.

Perselisihan dagang itu menimbulkan ketegangan seputar janji-janji Trump untuk memperkecil defisit perdagangan AS dengan China senilai $ 375,2 miliar dalam bentuk barang tahun lalu. Pembuat peraturan mengakses ke pasar China yang luas untuk menekan pembuat mobil asing dan perusahaan lain guna membantu menciptakan atau meningkatkan industri dan teknologi.

Presiden Trump mengatakan, AS kalah dalam perang dagang dengan China “bertahun-tahun lalu.''

Daftar produk yang dikenakan kenaikan tarif oleh Amerika, Selasa, termasuk produk kedirgantaraan, telekomunikasi dan mesin.

China mengatakan akan segera menantang langkah AS di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Perusahaan-perusahaan dan para ekonom menyatakan keprihatinannya bahwa peningkatan aktivitas ekonomi global mungkin akan terpukul, jika pemerintah lain diminta untuk menaikkan hambatan impor mereka sendiri.

Tetapi Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross memusatkan perhatiannya pada perang dagang dengan China. Dalam wawancara dengan saluran TV CNBC Rabu, Ross mengatakan, pajak yang diberlakukan oleh China 0,3 persen dari pendapatan kotor AS dan beberapa tindakan terhadap pajak sudah "diberlakukan lama."

"Apa yang kami bicarakan di kedua pihak adalah sebagian kecil dari 1 persen dari dua perekonomian," katanya. Perhatian yang lebih besar, kata Ross, adalah perlindungan hak paten AS.

Meskipun demikian, saham AS merosot karena kekhawatiran akan tindakan pajak yang lagi-lagi akan menghambat perdagangan dan pertumbuhan. Ross mengatakan, dia tidak akan berkomentar tentang reaksi pasar saham, tetapi kemudian mengatakan dia berpikir “itu di luar proporsi.''

China mengumumkan tarif senilai $ 50 miliar untuk serangkaian produk AS, termasuk kacang kedelai, wiski, dan mobil. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG