Tautan-tautan Akses

China akan Berlakukan Tarif Senilai $50 Miliar untuk Produk AS


Suasana di salah satu supermarket yang menjual makanan impor di Beijing, Senin, 2 April 2018. (Foto: dok).
Suasana di salah satu supermarket yang menjual makanan impor di Beijing, Senin, 2 April 2018. (Foto: dok).

China, Rabu (4/4), mengumumkan, berencana untuk memberlakukan tarif senilai $50 juta terhadap produk-produk asal AS, sebagai tanggapan terhadap sebuah paket serupa yang diumumkan AS.

Langkah China ini akan meningkatkan tarif sebesar 25 persen terhadap 106 produk AS, termasuk kedelai, pesawat udara dan mobil.

Kementerian perdagangan China mengumumkan langkah baru mereka ini kurang dari 11 jam setelah AS mengeluarkan daftar produk China yang akan dikenai kenaikan tarif. Kementerian perdagangan China mengatakan, jawaban atas pertanyaan kapan langkah itu mulai diberlakukan tergantung kapan tarif yang akan direncanakan AS mulai diterapkan.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan niatnya untuk memberlakukan peningkatan tarif senilai $50 miliar terhadap produk-produk China bulan lalu.

Baca juga: China Berlakukan Bea Impor Atas Daging, Buah AS

Selasa (3/4), Perwakilan Dagang AS (USTR), merilis daftar usulan 1.300 produk yang akan dikenai kenaikan tarif, termasuk produk-produk antariksa, medis, dan teknologi informasi. Daftar itu sendiri masih membutuhkan evaluasi publik yang menurut rencana akan berlangsung hingga akhir Mei.

USTR mengatakan, peningkatan tarif itu dilakukan berdasarkan hasil analisa ekonomi yang menunjukkan adanya kerugian yang diakibatkan kebijakan-kebijakan tidak masuk akal China terhadap ekonomi AS. Wakil Menteri Perdagangan China Wang Shouwen mengatakan, Rabu (4/4), tuduhan itu tidak berdasar dan China ingin menyelesaikan pertikaian dagang itu melalui dialog. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG