Tautan-tautan Akses

AS

CDC: 93% Kasus COVID-19 di AS adalah Varian Delta


Brian Parisi (53 tahun) yang menderita COVID-19 dirawat di rumah sakit Orange, California (foto: dok). Sekitar 93% dari seluruh kasus baru virus corona di Amerika adalah varian delta.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) hari Rabu (4/8) mengatakan 93% dari seluruh kasus baru virus corona di Amerika adalah varian delta.

Angka terbaru CDC untuk minggu yang berakhir 31 Juli menunjukkan varian delta, termasuk sub-varian keturunannya, yang semuanya diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian, mencakup 93% dari semua kasus di Amerika selama dua minggu terakhir Juli lalu.

Varian itu menyumbang kasus yang lebih tinggi di wilayah tertentu di Amerika, antara lain di Midwest – termasuk Iowa, Kansas, Missouri dan Nebraska – di mana delta menyumbang 98% dari semua kasus.

Di wilayah seperti North dan South Dakota, Colorado, Montana, Utah dan Wyoming, varian delta mencakup 95% dari semua kasus.

Angka-angka itu mewakili peningkatan pesat prevalansis varian itu sejak akhir Mei lalu, ketika hanya 3% dari semua kasus yang merupakan varian delta.

CDC juga mengatakan rata-rata kasus harian baru selama seminggu terakhir naik dari 40.597 kasus per hari menjadi 66.606 kasus per hari pada minggu lalu, atau berarti meningkat lebih dari 64%.

Meskipun masih lebih rendah dibanding puncak kasus baru pada perebakan Januari lalu ketika ada 300.000 kasus baru per hari, lonjakan kasus baru ini jauh lebih tinggi dibanding Mei lalu ketika rata-rata kasus harian baru hanya lebih dari 8.000 kasus. [em/jm]

XS
SM
MD
LG