Tautan-tautan Akses

Castillo Pimpin Perolehan Suara di Peru


President-terpilih Peru Pedro Castillo menyapa para pendukungnya di markas Partai "Peru Bebas" di Lima, Peru, Selasa, 15 Juni 2021. (Foto: Sebastian Casteneda/Reuters)

Kandidat presiden Peru Pedro Castillo mempertahankan kemenangan tipis atas pesaing konservatifnya, Keiko Fujimori, setelah penghitungan suara berakhir pada Selasa (15/6), hasil dari pemilihan pada 6 Juni lalu.

Kandidat dari Partai Sosialis, Pedro Castillo memimpin dengan 44.058 suara, tetapi masih menghadapi tantangan hukum dari Fujimori, yang menuduh adanya kecurangan meskipun tidak disertai bukti.

Kemenangan mendadak dari guru berusia 51 tahun itu telah menggoncangkan elit politik dan bisnis Peru. Kemenangan Castillo juga berdampak besar pada industri pertambangan yang vital di negara yang merupakan penghasil tembaga nomor dua di dunia. Castillo merencanakan peningkatan pajak yang besar terhadap sektor itu.

“Kartu suara sudah dihitung 100 persen dan kemenangan berada di pihak profesor,” kata Partai Peru Bebas melalui cuitan di Twitter.

Castillo sebelumnya sudah berjanji dia tidak akan mengizinkan pesaingnya mempupuskan keinginan rakyat dan membalikkan pemilihan ini, sementara pendukung ke dua belah pihak turun ke jalan dalam hari-hari terakhir.

Castillo, yang merupakan putra seorang petani, meraih 50,125% suara. Sementara Fujimori, putri sulung dari mantan presiden Alberto Fujimori yang kini dipenjara, meraih 49,875 %.

Castillo memberitahu pendukungnya di markas besar partai di Lima bahwa dia akan menghormati pejabat pemilihan dan mendesak mereka agar segera mengakhir ketidakpastian ini dengan mengonfirmasi hasil pemilihan secepatnya. [jm/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG