Tautan-tautan Akses

AS

Calon Jaksa Agung AS Berjanji akan Lindungi 'Penyelidikan Rusia'


William Barr, Calon Jaksa Agung yang ditunjuk oleh Presiden Trump, memberikan kesaksian di depan Komisi Yudisial Senat AS di Gedung Capitol, Selasa (15/1).

Calon Jaksa Agung yang ditunjuk oleh Presiden Trump, William Barr, pada Selasa (15/1) berjanji, dia akan melindungi penyelidikan Rusia oleh penyidik khusus dari tekanan politik, serta tidak membenarkan upaya Presiden Trump untuk mencap penyelidikan itu sebagai sebuah witch-hunt atau “penyelidikan yang mencari-cari kesalahan.”

“Saya berpendapat, penyidik khusus Robert Mueller tidak terlibat dalam witch-hunt,” demikian pernyataan Barr dihadapan Komite Judisial Senat yang sedang melakukan sidang konfirmasi.

Barr menambahkan, dia bermaksud memberi penyelidikan itu kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaannya, serta hasilnya nanti harus diberitahu kepada publik dan Kongres.

Barr mengatakan, penyelidikan ini hanya bisa diakhiri apabila ada alasan yang kuat, dan sulit membayangkan bahwa Rober Mueller akan berbuat sesuatu yang memunculkan alasan kuat seperti itu.

William Barr pernah berperan sebagai jaksa agung di bawah Presiden George H.W. Bush. [jm]

XS
SM
MD
LG