Tautan-tautan Akses

AS

California Terus Berupaya Padamkan Kebakaran


Petugas kebakaran berusaha memadamkan kebakaran di Shepherd Mesa Road di Carpinteria, California, 10 Desember 2017. (Santa Barbara County Fire Department/Handout via Reuters)

Para petugas pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan kebakaran yang merebak karena tiupan angin kencang di California bagian selatan, termasuk kebakaran baru yang timbul dan menjalar dengan cepat di utara San Diego.

Selama lima hari terakhir ini, ratusan bangunan termasuk rumah mewah bernilai jutaan dolar telah hangus menjadi menjadi abu sementara para petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran di beberapa lokasi yang telah membuat sekitar 190 ribu warga mengungsi dari tempat tinggal mereka.

Mike Deponce, pejabat humas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Santa Barbara mengatakan, "Sekarang ini luas kebakaran diperkirakan lebih dari 52 ribu hektar, 425 rumah telah dikukuhkan hancur dengan beberapa ratus bangunan lain juga telah terbakar."

"Kepada teman dan keluarga, saya selalu menggambarkan keadaannya mirip zona perang, dengan rumah-rumah yang hancur dan tragedi yang menimpa keluarga-keluarga yang tinggal di sana, belum lagi keindahan alam di kawasan yang sekarang lenyap.”

Tambah Mike Deponce. Lebih dari 5.700 petugas pemadam kebakaran dengan bantuan helikopter menyemprotkan air dan bahan kimia pemadam api untuk menahan laju meluasnya kebakaran besar di enam lokasi dan satu kebakaran kecil yang merebak mulai hari Senin.

Presiden Donald Trump telah mengeluarkan pernyataan situasi darurat untuk negara bagian California, yang meratakan jalan bagi badan-badan federal untuk mengoordinasi upaya-upaya bantuan untuk para korban kebakaran. [ds]

XS
SM
MD
LG