Tautan-tautan Akses

AS

California Alami Salah Satu Kebakaran Hutan Terburuk dalam Sejarah


Petugas pemadam kebakaran sedang berusaha agar kebakaran lahan tidak meluas ke Santa Ana Road dekat Ventura, California, 9 Desember 2017.

Petugas pemadam kebakaran di negara bagian barat Amerika, California memusatkan perhatian pada upaya untuk mengatasi kebakaran di daerah barat laut Los Angeles yang menjadi salah satu yang terbesar dan paling merusak dalam sejarah negara bagian itu.

Kebakaran yang diberi nama “Thomas” itu membakar 930 kilometer persegi dan menghancurkan 800 bangunan di Santa Barbara County sejak mulai terjadi seminggu yang lalu.

Pihak berwenang mengatakan kebakaran itu baru bisa dikuasai 10 persen. Walaupun petugas kebakaran berhasil memadamkan sebagian kebakaran dari udara, api tetap berbahaya, dan kebakaran bisa meluas dengan cepat oleh angin kencang.

Pejabat Pemadam Kebakaran California , Tim Chavez mengatakan, Senin (11/12) malam bahwa daerah seluas 160 kilometer di barat laut Los Angeles adalah "tempat yang sangat sulit untuk memadamkan kebakaran." Kata Chavez, terakhir kali daerah itu terbakar adalah tahun 1964. Jadi, pohon-pohon dan semak di sana berusia 50 tahun lebih.

Lebih dari 5.700 personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran Thomas, satu dari beberapa kebakaran di California selatan. Para petugas telah berhasil dalam mengatasi kebakaran lainnya, yang jauh lebih kecil.

Kebakaran telah memaksa lebih dari 200.000 orang meninggalkan rumah mereka. Jumlah itu meningkat pada Minggu (10/12), hingga mengakibatkan lebih banyak warga dievakuasi di Santa Barbara, ketika kebakaran di wilayah tersebut menyebar ke barat. Pihak berwenang telah membagikan masker atau pelindung muka untuk membantu orang terhindar dari menghirup asap, dan sejumlah sekolah ditutup.

Menanggapi kebakaran tersebut, Presiden Donald Trump mengeluarkan pernyataan Pemerintah Federal tentang keadaan darurat untuk California, agar badan-badan federal bisa membantu mengkoordinasikan usaha bantuan. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG