Tautan-tautan Akses

Bus Jatuh ke Jurang di Sumedang, 27 Orang Tewas


Tim penyelamat mengevakuasi korban kecelakaan bus yang jatuh ke jurang di Kecamatan Wado, di Sumedang, Jawa Barat, yang merenggut nyawa 27 orang, Rabu, 10 Maret 2021. (Foto: AFP/Bagus Ahmad)

Sebuah bus yang membawa rombongan pelajar dan beberapa orang tua yang kembali dari perjalanan wisata jatuh ke jurang dan menewaskan 27 orang. Mengutip pernyataan Kementerian Perhubungan, Reuters melaporkan kecelakaan itu terjadi pada Rabu (10/3) malam.

Tim SAR dalam sebuah pernyataan, Kamis (11/3), mengatakan bahwa pengemudi bus kehilangan kendali sesaat sebelum kecelakaan di area dekat Kota Sumedang, Jawa Barat.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, seperti dikutip oleh kantor berita Associated Press, mengatakan bus nahas itu dalam perjalanan kembali ke Subang dari tempat ziarah di Tasikmalaya. Saat melintasi jalan dengan turunan tajam di Sumedang, pengemudi kehilangan kendali dan bus jatuh ke jurang sedalam 20 meter.

Kemenhub mengatakan bus itu membawa para pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan beberapa orang tua. Sebanyak 39 orang selamat.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bandung, Supriono, mengatakan upaya evakuasi telah selesai dan para korban selamat dibawa ke rumah sakit terdekat.

Penyebab pasti kecelakaan belum jelas. Namun, Kemenhub mengatakan ada indikasi awal bahwa tes kelaikan jalan kendaraan itu tidak diperbarui. [ah/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG