Tautan-tautan Akses

Inilah Lirik Lagu Bruno Mars Hingga Agnez Mo yang Dinilai 'Cabul' di Jabar


Surat Edaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat yang membatasi penyiaran 17 lagu berbahasa Inggris karena dianggap memuat ‘lirik dan/atau video cabul’, menjadi kontroversi.

Lagu-lagu, mulai dari ‘Dusk Till Dawn’ yang dilantunkan Zayn Malik hingga ‘Your Song’ (Rita Ora) hanya boleh ditayangkan televisi dan radio di Jawa Barat pada jam-jam “dewasa” yaitu mulai pukul 22.00 hingga 03.00.

Ketua KPID Jawa barat Dedeh Fardiah mengungkapkan 17 lagu yang dibatasi adalah hasil pemantauan dari total 86 lagu. Lagu-lagu tersebut hanya bisa tayang pada ‘jam malam’ karena “secara vulgar menampilkan muatan seks bebas, persetubuhan atau kecanduan persetubuhan”.

Dedeh mengungkapkan stasiun televisi atau radio yang melanggar bisa dikenakan sanksi mulai dari “imbauan” hingga “pemberhentian jam siar”.

Netizen Agung Muhammad Reza lewat akun Twitter-nya @agungmreza mencuit bahwa batasan waktu penyiaran adalah hal yang “berlebihan”. “Apa semesum itu ya orang Jawa Barat?”

Sementara, Muhammad Dicky Hidayatullah dibikin bertanya-tanya karena surat edaran itu, “Lah kalo lagu indonesia atau dangdut dibiarin aja walaupun lirik lagunya lebih seronok dan jorok?”

Apa kata gubernur?

Yang jelas pembatasan ini telah sampai ke telinga salah satu musisi yang ikut terkena imbas: Bruno Mars. Ada dua lagu Bruno yang dianggap cabul oleh KPID Jawa Barat: ‘That’s What I Like’ dan ‘Versace on the Floor’.

Lewat cuitannya yang telah dicuit ulang lebih 19.000 kali, Bruno meminta agar dia jangan disamakan “dengan yang cabul-cabul”, karena banyak karyanya yang lain yang dinikmati di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia, seperti ‘Just The Way You Are’ dan ‘Treasure’.

Pengguna lini massa @yudibuller pun menulis, seakan menenangkan Bruno. “Tenang Bang… Lagu lu masih bisa didengar di Spotify.”

Namun, musisi Kunto Aji melihat pembatasan tidak hanya merugikan musisi, tetapi juga stasiun radio. Menurutnya, belakangan stasiun radio Indonesia harus berjibaku agar bisa tetap didengar di era musik streaming.

“Yang kasian itu sebenernya radionya… Semoga ga nyebar ke seluruh Indonesia,” tulis Kunto.

Atas berbagai keluhan yang muncul, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampaknya tidak dapat berbuat banyak.

Lewat akun medsosnya, Ridwan menyebut KPID “adalah lembaga independen” dan “tidak berada dalam koordinasi gubernur”.

Ridwan pun menulis bahwa pemerintahannya memang berniat meningkatkan “pendidikan penguatan karakter”.

Sementara soal lagu-lagu dangdut yang dianggap sejumlah netizen lebih vulgar, Ridwan berdalih “Tahun 2016 KPID juga pernah mengeluarkan daftar lagu dangdut yang mengandung konten dewasa.”

Lirik mana yang cabul?

Yang menarik, sejumlah netizen malah mempertanyakan, apakah warga Jawa Barat benar-benar paham lirik lagu berbahasa Inggris yang dibatasi jam siarnya? Atau, mereka malah baru tahu dan mencari tahu setelah KPID mengeluarkan surat edaran?

“Berapa banyak orang di Jawa Barat yang mengerti lirik lagu @BrunoMars?” Tanya pemilik akun @michaeltanoe yang punya lebih dari 20.000 pengikut.

Sementara netizen Lala mengkritik keputusan KPID dan pemerintah Jawa Barat secara keseluruhan.

“Prestasi anda dalam pendidikan tidak sebagus itu sampe semua warga anda paham bahasa inggirs. 50% aja belum tentu warga anda fasih menggunakan bahasa inggris. Bikin malu negara.”

Lalu apa saja lirik lagu yang dianggap menampilkan “muatan seks bebas, persetubuhan atau kecanduan persetubuhan” tersebut?

Dari 17 lagu yang dibatasi KPID Jawa Barat, kami pilih tujuh di antaranya. Dan berikut sejumlah lirik yang kami yakini dianggap “cabul” oleh KPID.

(PERINGATAN - Sebelum scrolling ke bawah) Tulisan yang akan kamu baca, tepatnya adalah untuk mereka yang berusia 17 tahun ke atas. Dan bagi kamu yang tinggal di Jawa Barat, mungkin harus tunggu sampai pukul 22.00 dulu, baru boleh membaca :D

Mr. Brightside (The Killers)

Now they're going to bed. And my stomach is sick. And it's all in my head. But she's touching his chest now. He takes off her dress now. Let me go.

Kini mereka ke tempat tidur. Perutku sakit. Mungkin ini hanya imajinasiku. Tapi si perempuan menyentuh dadanya. Si lelaki melepas gaunnya. Biarkan aku pergi.

Dusk Till Dawn (Zayn Malik)

'Cause I wanna touch you, baby. And I wanna feel you, too. I wanna see the sunrise and your sins. Just me and you…. Let's make love, tonight. Make it up, fall in love, try.

Karena aku ingin menyentuhmu, sayang. Aku juga ingin merasakanmu. Aku ingin menatap terbitnya mentari, merasakan dosa-dosamu. Hanya kau dan aku… Mari bercinta malam ini. Kita rujuk lagi, jatuh cinta lagi.

Makes Me Wonder (Maroon 5)

I wake up, with blood-shot eyes. Struggled to memorize. The way it felt between your thighs. Pleasure that made you cry.

Aku terbangun dengan mata merah. Berupaya mengingat… Mengingat bagaimana rasanya tubuhmu. Kenikmatan yang membuatmu menangis.

Overdoze (Agnez Mo ft. Chris Brown)

I took too much of your love, I overdose, yeah, ah. Girl, your sex is a drug, faded floating. Feeling like, oh woah, ooh I-I-I-I, I over-I overdose.

Aku menelan terlalu banyak cintamu. Aku overdosis, yeah, ah. Hai kamu, seks bagaikan pil. Rasanya, oh woah, ooh aku-aku-aku overdosis.

Wild Thoughts (DJ Khaled ft Rihanna)

I don't know if you could take it. Know you wanna see me nakey, nakey, naked. I wanna be your baby, baby, baby. Wild, wild, wild. When I'm with you, all I get is wild thoughts.

Aku tak tahu apa kamu akan kuat. Aku tahu kamu ingin melihatku telanjang. Aku ingin menjadi kekasihmu. Liar, liar, liar. Ketika bersamamu, otakku hanya bisa berpikir liar.

That’s What I Like (Bruno Mars)

Sex by the fire at night. Silk sheets and diamonds all white. Lucky for you, that's what I like, that's what I like.

Bercinta di samping perapian. Di atas alas sutera dan berlian yang seluruhnya putih. Kamu beruntung, itu yang kusuka, yang kusuka.

Shape of You (Ed Sheeran)

​I'm in love with your body. And last night you were in my room. And now my bedsheets smell like you. Every day discovering something brand new. I'm in love with your body.

Aku jatuh cinta dengan tubuhmu. Semalam kau di kamarku. Dan sekarang alas kasurku baunya seperti kamu. Setiap hari menemukan hal baru. Aku jatuh cinta dengan tubuhmu. (rh)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG