Tautan-tautan Akses

“Green Book” Film Terbaik Oscars 2019


Peter Farrelly, tengah, beserta pemain dan awak “Green Book” menerima penghargaan film terbaik untuk Oscars hari Minggu, 24 Februari 2019, di Dolby Theatre di Los Angeles (foto: Chris Pizzello/Invision/AP)
Peter Farrelly, tengah, beserta pemain dan awak “Green Book” menerima penghargaan film terbaik untuk Oscars hari Minggu, 24 Februari 2019, di Dolby Theatre di Los Angeles (foto: Chris Pizzello/Invision/AP)

“Green Book”' dinobatkan sebagai pemenang Film Terbaik dalam ajang penghargaan piala Oscar, the Academy Award ke-91.

Drama perjalanan dalam era segregasi produksi Universal Pictures itu bercerita tentang seorang pianis Afrika-Amerika (diperankan oleh Mahershala Ali) yang berteman dengan seorang sopir kulit putih (diperankan oleh Viggo Mortensen) ketika mereka melakukan tur di Amerika selatan. Film ini menarik kritik dari mereka yang menamakannya film tidak otentik dan merupakan contoh film “penyelamat orang kulit putih” yang menceritakan kisah orang kulit berwarna melalui perspektif karakter kulit putih. Film itu meraih tiga piala Oscar, Minggu (24/2), termasuk untuk Ali sebagai aktor pendukung terbaik dan skenario asli terbaik.

Aktris Pendukung Terbaik dimenangkan oleh Regina King lewat "If Beale Street Could Talk.''

Sutradara Meksiko Alfonso Cuarón adalah pemenang besar pada malam pemberian hadiah Oscar itu untuk filmnya "Roma". Dia memperoleh tiga hadiah Oscar sekaligus, termasuk penghargaan untuk sinematografi, sutradara terbaik dan film berbahasa asing terbaik untuk kisah pekerja rumah tangga yang dipekerjakan oleh keluarga kelas menengah di Mexico City pada tahun 1970-an.

Bintang untuk film itu, Yalitza Aparicio, adalah aktor pribumi pertama yang dinominasikan untuk penghargaan aktris terbaik, tetapi penghargaan itu akhirnya jatuh ke tangan Olivia Colman untuk perannya dalam film "The Favorite".

Kejutan besar malam itu adalah kategori aktris terbaik. Olivia Colman menang atas aktingnya sebagai Queen Anne dalam "The Favourite,"' mengalahkan Glenn Close.

Kemenangan Rami Malek sebagai Aktor Terbaik tak mengejutkan karena bintang Bohemain Rhapsody ini telah memenangkan piala Golden Globe dan SAG Awards sebelumnya dan dijagokan akan memenangkan Oscar.

Pemenang penting lainnya adalah penulis dan sutradara kawakan Spike Lee, yang mendapatkan hadiah Oscar pertamanya untuk adaptasi skenario film terbaik untuk filmnya BlacKkKlansman.

Untuk pertama kalinya dalam tiga dekade, upacara Oscars tidak melibatkan host utama. Band Queen dan penyanyi Adam Lambert tampil sebagai pembuka sementara puluhan selebriti A-list menjadi presenter. [vm/lt]

XS
SM
MD
LG