Tautan-tautan Akses

AS

Bola Kristal New York untuk Tahun Baru


Bola kristal yang akan jatuh untuk menandai pergantian tahun di Times Square, New York.

Ini disebut 'Crossroads of the World' atau “Persimpangan Dunia”. Times Square di kota New York adalah lokasi untuk salah satu pesta terbesar tahun ini, ditandai dengan turunnya bola kristal di sebuah tiang raksasa, jauh di atas kerumunan hampir satu juta orang yang merayakan Tahun Baru.

Tradisi itu telah berlangsung lebih dari seratus tahun. Perayaan pertama terjadi tengah malam pada tanggal 31 Desember 1907 dengan sebuah balon yang merosot jatuh di atas kerumunan. Sekarang, tidak mungkin bagi warga New York dan mereka yang menonton di televisi di seluruh dunia membayangkan malam tahun baru tanpa bola terkenal yang terdiri lebih dari dua setengah ribu panel kristal dan 32 ribu dioda pemancar cahaya.

Bola pertama beratnya lebih dari 300 kilogram dan berukuran 1,5 meter. Sekarang ini, bola berdiameter lebih dari 3 setengah meter dan beratnya lebih dari lima ton. Setiap tahun bola itu bertema khusus.

Ketua Perhimpunan Times Square, Tim Tompkins mengatakan, "Tahun ini, bola kristal buatan Waterford bertema "Anugerah ketenangan dan ketentraman" setelah tahun 2017 yang penuh dengan kemarahan dan kesulitan, itu adalah tema yang menurut kita sangat sesuai dengan kebutuhan saat kita memasuki tahun 2018."

Panel-panel kristal untuk bola raksasa itu secara tradisional diproduksi oleh perusahaan kristal Irlandia, Waterford. Pengrajin mereka ada di tempat dan bekerja untuk memasang panel, berdasarkan rancangan yang menggambarkan tema Tahun Baru ini.

Tom Brennan, perajin dari perusahaan kristal Waterford mengatakan, "Sebagaimana dilihat di sini, kita merayakan karunia ketenteraman itu. Jika dilihat dari dekat, akan tampak kupu-kupu yang saling berkaitan seperti menari dengan serempak dan sempurna. Bagi kita adalah tentang kita sebagai individu, sebagai manusia terbaik sebisa mungkin setiap saat."

Turunnya bola pada tengah malam hanyalah bagian dari pesta. Lebih dari satu juta dolar dihabiskan untuk keamanan dan hiburan untuk acara ini, yang ditonton di dunia.

Kepala acara hiburan pada pergantian tahun, Jeff Strauss mengatakan, "Kami memiliki​ jadwal acara yang luar biasa tahun ini. Pukul 06:00 kami akan menyalakan dan menaikkan bola kristal Waterford itu di Times Square, diiringi oleh 'Tarian Naga' dari Chongqing, China dan pertunjukan musik yang luar biasa."

Selain satu juta pengunjung yang diharapkan dapat menyaksikan perayaan Tahun Baru di Times Square, 175 juta orang lagi akan menonton siaran di televisi tidak hanya di AS, tetapi di seluruh dunia, sementara satu setengah ton confetti (serpihan kertas berwarna-warni) akan berhamburan di atas khalayak ramai pada tengah malam pergantian tahun. [ps/al]

XS
SM
MD
LG