Tautan-tautan Akses

Bintang Film dan Keluarga Kerajaan Inggris Ramaikan BAFTA


Staf BAFTA sedang mengatur daftar tempat duduk para bintang dengan menggunakan foto mereka di Royal Albert Hall, London, sebelum penyerahan penghargaan British Academy Film Awards atau BAFTA, Minggu, 12 Februari 2017.

Bintang-bintang Hollywood Minggu malam (12/2) akan bertemu dengan keluarga kerajaan Inggris dalam acara penganugerahan British Academy Film Awards atau BAFTA, dimana film “La La Land” difavoritkan untuk meraih sejumlah penghargaan.

Pangeran William dan istrinya Kate diperkirakan akan memperoleh sambutan karpet merah di Royal Albert Hall London, bersama bintang-bintang yang meraih nominasi penghargaan itu antara lain Meryl Streep, Casey Affleck dan Nicole Kidman.

Film musik “La La Land” yang dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone dinominasikan meraih penghargaan untuk 11 kategori, termasuk film terbaik, sutradara terbaik dan aktris terbaik.

BAFTA kerap dinilai sebagai indikator siapa yang akan memenangkan penghargaan bergengsi Academy Awards yang akan diselenggarakan dua minggu lagi. “La La Land” yang juga meraih 14 nominasi dalam festival di Hollywood itu jelas menjadi salah satu favorit peraih Oscar. “La La Land” juga telah memenangkan tujuh Golden Globes.

Film sci-fi “Arrival” dan thriller “Noctural Animals” masing-masing meraih sembilan nominasi. Sutradara Ken Loach yang menyutradai film “I Daniel Blake”, film yang menyindir sistem kesejahteraan di Inggris meraih lima nominasi.

Film-film yang bersaing untuk memperebutkan film terbaik adalah “Arrival”, “I Daniel Blake”, “La La Land”, “Manchester By the Sea” dan “Moonlight”.

Berbeda dengan penghargaan Academy Award, BAFTA juga memiliki kategori untuk “Film Inggris Terbaik” yang akan diperebutkan oleh “I Daniel Blake”, “American Honey”, film drama pengadilan “Denial”, film petualangan “Fantastic Beasts and Where to Find Them”, film dokumenter “Notes on Blindness”, dan film horor “Under the Shadow”.

Aktor “La La Land” Ryan Gosling bersaing memperebutkan gelar “Aktor Terbaik” bersama Andrew Garfield dalam “Hacksaw Ridge”, Casey Afflect dalam “Manchester By the Sea”, Jake Gyllenhaal dalam “Nocturnal Animal”, dan Viggo Mortensen dalam “Captain Fantastic”.

Sementara aktris yang bersaing memperebutkan “Aktris Terbaik” adalah Emma Stone dalam “La La Land”, Amy Adams dalam “Arrival”, Emily Blunt dalam “The Girl on the Train”, Meryl Streep dalam “Florence Foster Jenkins” dan Natalie Portman dalam “Jackie”.

Dalam upacara hari Minggu ini, Pangeran William yang juga presiden BAFTA akan menyerahkan penghargaan seumur hidup pada veteran komedian Mel Brooks. [em/jm]

XS
SM
MD
LG