Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Virus Corona Mungkin 'Memburuk Sebelum Kemudian Membaik'


Presiden Donald Trump dalam pengarahan harian mengenai virus corona (Covid-19) di Gedung Putih, Washington, 21 Juli 2020.

Presiden Donald Trump, yang kembali mengadakan pengarahan harian terkait pandemi virus corona pada Selasa (21/7), mengatakan jumlah infeksi Covid-19 meningkat di seluruh Amerika.

"Sayangnya, mungkin, akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," kata Trump dalam pengarahan harian resmi pertamanya sejak April lalu.

"Beberapa daerah di negara kita baik-baik saja. Orang lain baik-baik saja," imbuhnya.

Presiden juga menegaskan pernyataannya tentang memakai masker penutup wajah sebagai upaya membantu mengurangi penyebaran virus corona yang mematikan. Menurut statistik Universitas Johns Hopkins, virus corona telah menginfeksi lebih dari 3,8 juta warga Amerika dan menewaskan lebih dari 141 ribu.

Trump baru-baru ini mengenakan masker di depan umum untuk pertama kalinya, dalam perjalanan menuju Walter Reed Medical Center di dekat Washington DC. Presiden AS itu menolak penerapan kewajiban memakai masker secara nasional.

Di tempat lain pada Selasa (21/7), Joe Biden, bakal calon presiden dari Partai Demokrat itu menguraikan rencana ekonominya selama berpidato di Delaware. Biden menyalahkan Trump karena gagal memimpin selama pandemi virus corona.

Biden mengatakan infeksi Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona, yang menyebar mengakibatkan "terlalu banyak warga Amerika tidak dapat bekerja dan kehilangan harapan."

Trump sendirian saat berbicara pada briefing di Gedung Putih. Tidak ada ahli medis dari gugus tugas virus corona yang hadir dalam acara pada Selasa tersebut.

Trump terdengar optimis mengenai pengembangan vaksin yang berpotensi mampu melawan virus mematikan itu. "Vaksin sedang dalam proses, dan akan datang jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan orang-orang," Trump menambahkan lebih lanjut. [mg/pp]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG