Tautan-tautan Akses

AS

Tertinggal Dalam Jajak Pendapat, Trump Tingkatkan Pengeluaran Kampanye


Foto kombinasi: Mantan Wapres AS, Capres Partai Demokrat untuk Pilpres AS 2020 (kiri) dan Presiden AS Donald Trump.

Kampanye pemilihan kembali Presiden AS Donald Trump memperbesar pengeluarannya pada Juni di tengah serangkaian jajak pendapat publik yang menunjukkan ia tertinggal di belakang lawannya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Laporan kepada komisi pemilihan federal menunjukkan kampanye Trump mengeluarkan $ 50 juta bulan lalu, sekitar dua kali lipat dari bulan sebelumnya.

Mantan wakil presiden dari Partai Demokrat, sebaliknya, menghabiskan jauh lebih sedikit sebesar $ 37 juta. Sebagian besar pengeluaran itu digunakan untuk iklan digital, di mana pengeluaran Biden meningkat seratus kali lipat, dari sekitar $ 175.000 pada Mei hingga hampir $ 17 juta pada Juni.

Angka-angka Juni juga menunjukkan Biden mengumpulkan sumbangan lebih banyak yaitu sebanyak $ 63,4 juta daripada presiden Trump dari Partai Republik yang hanya $ 55,2 juta. Kedua kampanye hingga akhir Juni memiliki dana hampir sama di bank yaitu sekitar $ 110 juta.

Kampanye Trump menghabiskan lebih dari $ 41 juta untuk iklan televisi, digital dan lainnya sementara jajak pendapat publik menunjukkan Biden semakin unggul. Pemilih menyatakan tidak setuju atas penanganan Trump terhadap pandemi virus corona dan juga tanggapannya terhadap demonstrasi atas ketidakadilan rasial.

Biden mengungguli Trump di antara pemilih terdaftar dengan selisih 10 persen dalam jajak pendapat Reuters / Ipsos yang dilakukan pekan lalu. [my/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG