Tautan-tautan Akses

Belanda Peringati 5 Tahun Jatuhnya Pesawat MH17


Tugu peringatan untuk menghormati korban jatuhnya pesawat MH17 dekat desa Hrabove, kawasan Donetsk, Ukraina, 17 Juli 2019. (REUTERS/Alexander Ermochenko )

Ratusan anggota keluarga dan kerabat korban pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 17 yang ditembak jatuh di wilayah udara Ukraina berkumpul, Rabu, di sebuah tugu peringatan dekat bandar udara Schiphol, Amsterdam, Belanda, untuk memperingati lima tahun tragedi itu.

Orang-orang telah terlihat berkumpul beberapa jam sebelum upacara dimulai. Beberapa di antara mereka terlihat berpegangan tangan dan membawa bunga matahari.

Nama-nama seluruh 298 penumpang dan awak yang tewas dalam penerbangan 17 Juli 2014 itu dibacakan satu demi satu dalam upacara yang berlangsung khidmat. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan ketua yayasan korban tewas targedi itu menyampaikan pidato mereka

Hampir 200 orang korban tragedi itu berkewarganegaraan Belanda, sementara lainnya dari Malaysia, Australia, Kanada, Inggris dan Belgia.

Dari hasil penyelidikan selama lima tahun sejak pesawat itu ditembak jatuh, tim investigasi Belanda menyatakan misil darat ke udara Buk yang menjatuhkan pesawat Boeing 777 itu. Sebuah penyelidikan kriminal terpisah menyimpulkan misil itu ditembakkan dari wilayah Ukraina namun berasal dari Rusia.

Bulan lalu, sebuah tim investigasi gabungan dari Belanda, Malaysia, Australia, Ukraina dan Belgia mengatakan, mereka akan memperkarakan empat tersangka yang diduga terlibat dalam insiden itu ke pengadilan pada Maret tahun depan. Keempat tersangka itu tidak terlibat langsung dalam peluncuran misil Buk, namun terlibat dalam persiapan peluncurannya.

Rusia menyebut tuduhan itu tidak berdasar, dan menuding para penyelidik menggunakan informasi yang tidak bisa dipercaya, serta mengabaikan bukti yang disediakan Moskow, untuk mendiskreditkan Rusia. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG