Tautan-tautan Akses

Badai Maria Dekati Kepulauan Turks, Caicos dan Bahama


Sebuah rumah di komunitas El Negro terlihat porak poranda, sehari setelah terkena Badai Maria, di Puerto Rico, Kamis, 21 September 2017. (AP Photo/Carlos Giusti)

Mata Badai Maria mendekati kawasan Kepulauan Turks dan Caicos, Jumat pagi (22/9) dengan angin berkecepatan hingga 205 kilometer per jam.

Kawasan tenggara Bahama juga diperkirakan akan diterjang Maria, yang mencurahkan hujan lebat di Puerto Rico dan Republik Dominika.

Maria, yang sekarang ini tergolong badai kategori 3, sebelumnya tergolong kategori 4 yang lebih kuat yang memutuskan aliran listrik di seluruh Puerto Rico pada hari Rabu dan membanjiri banyak daerah. Badai ini menimbulkan kerusakan yang tidak begitu parah namun tetap signifikan di Republik Dominika.

Ini adalah badai paling kuat yang menerjang Puerto Rico, teritori Amerika, dalam kurun hampir 90 tahun. Gubernur Ricardo Rossello menyatakan ada situasi darurat kemanusiaan di Puerto Rico. Kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Kerusakan dan kerugian akibat badai itu belum diketahui mengingat banyak permukiman yang masih terisolasi dan tidak dapat berkomunikasi, tetapi ada laporan mengenai kota-kota yang kewalahan menghadapi banjir bandang dan tanah longsor.

Lebih dari 11 ribu orang berlindung di ratusan tempat penampungan sementara yang didirikan di berbagai penjuru Puerto Rico, sementara yang lainnya menghadapi badai di rumah mereka. Angin kencang yang dibawa Badai Maria merobohkan tiang-tiang listrik dan menara seluler, serte menerbangkan atap-atap bangunan. [uh/lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG