Tautan-tautan Akses

Badai Maria Hantam Puerto Rico


Badai Maria mengancam Kepulauan Virgin dan Puerto Riko, Selasa (19/9) setelah menghancurkan negara kepulauan Dominika yang kecil itu dan Badai Jose (atas) keduanya terlihat di Samudra Atlantik dalam citra satelit GOES East NOAA yang diambil pada pukul 21.45. EDT pada tanggal 19 September 2017 (0145 UTC, 20 September 2017). (Foto Courtesy: NASA/NOAA GOES Project/Handout via REUTERS)

Badai Maria mendarat Rabu (20/9) di Puerto Rico sebagai badai katagori empat, yang menurut para peramal cuaca berpotensi menimbulkan bencana.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan Maria membawa angin berkecepatan sekitar 250 kilometer perjam Rabu pagi, dan hujan lebat yang ditimbulkannya bisa mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor yang mengancam jiwa,

Ancaman serupa juga masih dihadapi Kepulauan Virgin AS sewaktu punggung badai perlahan bergerak melintasinya setelah semalam sebelumnya menghantam St.Croix.

NHC memperkirakan, badai itu akan melintasi Puerto Rico dan kembali ke perairan terbuka Rabu malam. Kondisi cuaca yang diakibatkan badai tersebut akan dirasakan Republik Dominika, Kamis pagi (21/9).

Gubernur Puerto Rico Ricardo Rossello mengatakan, kerusakan hebat dipastikan dialami teritori Amerika Serikat itu dan pemerintah telah menyiapkan 500 tempat penampungan.

Presiden AS Donald Trump telah mengeluarkan pernyataan keadaan darurat untuk Puerto Rico dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat, dan memerintahkan Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Badan Pengelolaan Keadaan Darurat (FEMA) untuk mengkoordinasikan usaha-usaha pertolongan.

Sebelum tiba di Puerto Rico, Maria menghantam Pulau Dominica, dan hampir mendarat di Guadaloupe. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG