Tautan-tautan Akses

Badai Kedua dalam Sepekan Hantam China Selatan


Para pejalan kaki berusahan menahan payung mereka di tengah terpaan angin kencang yang diakibatkan badai tropis Pakhar dekat Victoria Habour di Hong Kong, 27 Agustus 2017.

Badai tropis kedua dalam sepekan menghantam China selatan, Minggu (27/8). Hujan lebat dan angin kencang yang ditimbulkan badai itu mengguncang Hong Kong dan Macau yang masih berbenah setelah menghadapi topan terkuat dalam beberapa dekade terakhir yang mengakibatkan sedikitnya 22 orang tewas.

Badai tropis Pakhar mendarat di Makau Minggu pagi, dengan kcepatan angin hingga 105 kilometer per jam.

Para peramal cuaca di Hong Kong dan Macau memperkirakan tingkat kekuatan badai naik hingga sedikit di bawah maksimum, sehingga memaksa sebagian besar kota-kota itu tutup. Layanan feri dihentikan, sementara layanan penerbangan sebagaian ditunda atau bahkan dibatalkan.

Badai itu diperkirakan akan melemah Minggu ini.

Rabu lalu, topan Hato menimbulkan kerusakan hebat saat menghantam wilayah itu. Sedikitnya 10 orang tewas di Macau dan 12 lainnya di daratan utama China.

Jatuhnya korban di Macau memicu kecaman keras warga di pusat judi China itu. Mereka mengeluhkan tanggapan pemerintah yang lambat sehingga memaksa kepala urusan cuaca kota itu mengundurkan diri. [ab]

XS
SM
MD
LG