Tautan-tautan Akses

AS

Badai Harvey Sedikit Melemah Setelah Mencapai Daratan Pesisir Texas


Lampu lalu lintas tergeletak di jalanan setelah terlempar akibat Badai Harvey yang menghantam kawasan dekat Corpus Christi, Texas, AS, 25 Agustus 2017. (REUTERS/Adress Latif)

Badai Harvey mencapai daratan di Texas Tenggara, di kota kecil Rockport dekat Corpus Christy, Sabtu dini hari (26/8), menghantam negara bagian di kawasan Teluk Meksiko itu dengan angin kencang dan hujan lebat di kawasan pesisir pantai sepanjang ratusan mil.

Harvey adalah badai terdahsyat yang melanda Amerika dalam kurun satu dekade lebih, dengan angin berkecepatan 209 kilometer per jam sewaktu mencapai daratan.

Akan tetapi badai ini berangsur-angsur melemah, dan pada Sabtu pagi, Pusat Badai Nasional Amerika menyatakan angin yang menyertai Harvey berkecepatan 185 kilometer per jam.

Sementara Harvey mendekat, puluhan ribu warga Texas mengungsi ke pedalaman untuk menghindari badai berbahaya itu.

Tidak ada korban yang dikukuhkan sekarang ini, tetapi para pejabat menyatakan para petugas darurat tidak dapat keluar di banyak tempat karena angin sangat kencang.

Sementara Harvey mendekati pantai Texas pada Jumat malam (25/8), Presiden Donald Trump mengatakan ia telah menandatangani deklarasi bencana federal untuk Texas. Pusat Badai Nasional menyebut Harvey adalah “badai yang mengancam jiwa.”

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan badai ini akan menjadi “bencana besar” dan memperingatkan penduduk agar bersiap-siap menghadapi banjir yang mencatat rekor. [uh]

XS
SM
MD
LG