Tautan-tautan Akses

AS

Badai Isaias Melemah Tapi akan Menguat Lagi 


Pohon palem ditiup angin kencang menjelang Badai Isaias di Miami Beach, Florida, 1 Agustus 2020. (Foto: Reuters)

Isaias melemah dari badai menjadi badai tropis pada Sabtu (1/8) setelah menghantam Bahama. Namun badai itu diperkirakan akan menguat lagi ketika melewati perairan hangat semalaman dalam perjalanan ke Florida.

Pusat Badai Nasional AS, Sabtu (1/8) siang, mengatakan Badai Isaias bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan angin 110 kilometer per jam. Badai itu diperkirakan akan tiba di pantai Florida pada Minggu (2/8) pagi dan bergerak menuju North Carolina.

Negara bagian Florida dan North Carolina telah mengumumkan peringatan badai.

Gubernur Florida Ron DeSantis telah menyatakan keadaan darurat di puluhan county atau daerah setingkat kabupaten. Hujan lebat akibat badai diperkirakan dimulai di Florida pada Sabtu (1/8) dan tiba di North dan South Carolina awal pekan depan.

"Yang paling penting yang harus dilakukan masyarakat adalah waspada," kata DeSantis.

Florida adalah salah satu negara bagian AS yang paling terkena dampak COVID-19. Ada lebih dari 480.000 kasus virus corona dan lebih dari 7.000 kematian hingga Sabtu (1/8).

Badai itu telah memicu pihak berwenang di beberapa bagian Florida untuk menutup tempat tes Covid-19 padahal kasus-kasus bertambah banyak di negara bagian itu.

Di North Carolina, Gubernur Roy Cooper telah menyatakan keadaan darurat di beberapa county yang terletak di pinggir pantai. Cooper juga memerintahkan evakuasi di Pulau Oracoke, yang tahun lalu terkena dampak Badai Dorian. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG