Tautan-tautan Akses

AS

Badai Isaias Menguat


Suasana di Santo Domingo, Republik Dominika saat Badai Tropis Isaias mulai menguat ke wilayah ini, 30 Juli 2020.

Pusat Badai Nasional AS menyatakan Isaias telah menguat menjadi badai, bergerak dengan kecepatan angin maksimal yang menyertainya 130 kilometer per jam sewaktu melewati Karibia. Peringatan badai berlaku di Bahama Barat Laut, Tenggara dan Tengah.

Sebelumnya, badai tropis Isaias menghantam Puerto Rico dan Republik Dominika, menyebabkan listrik padam dan sedikit tanah longsor. Peringatan badai tropis berlaku untuk seluruh pesisir selatan dan utara Republik Dominika, pesisir utara Haiti serta Kepulauan Turks dan Caicos, sebut pusat badai itu.

Associated Press melaporkan Kamis malam (31/7) bahwa angin kencang yang dibawa badai tropis Isaias telah menghantam Puerto Rico, mengubah “beberapa ruas jalan menjadi sungai yang beraliran deras dan menumbangkan pohon-pohon serta tiang listrik dan telepon.” Puerto Rico baru masih masa pemulihan akibat terjangan badai lainnya dan gempa. Lebih dari 100 ribu orang tidak mendapat aliran air bersih.

Petugas darurat harus menyelamatkan beberapa keluarga yang enggan meninggalkan rumah mereka ke tempat-tempat penampungan umum karena khawatir terpapar virus corona di sana.

Isaias telah menumbangkan pohon-pohon di Republik Dominika. Polisi menangkap mereka yang menolak mematuhi peringatan untuk mencari tempat berlindung. Pusat Badai Nasional telah mengeluarkan peringatan badai tropis untuk beberapa bagian di pesisir timur Florida.

Presiden AS Donald Trump telah menandatangani pernyataan darurat untuk Puerto Rico, yang belum pulih sepenuhnya dari Badai Maria tahun 2017 dan serangkaian gempa bumi baru-baru ini. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG